Mengenal Linux Lebih Dekat

Ini adalah bagian terpenting dalam proses belajar linux,karena mulai dari sinilah kamu akan ditempa pemahaman tentang seluk beluk linux dan konsep dibalik linux,dengan begitu kamu akan lebih mudah mengikuti proses belajar linux berikutnya.

Mengenal Apa itu Linux ?

linux adalah salah satu sistem operasi

Linux merupakan sistem operasi – Bagi kalian yang belum tau apa itu sistem operasi,sistem operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengelola sumberdaya/resource komputer,sistem operasi juga bertugas sebagai jembatan komunikasi antara hardware dengan aplikasi produktif yang kalian gunakan sehari-hari untuk benerja,seperti ms.office,photoshop,corel,chrome,bahkan game. Tanpa sistem operasi aplikasi produktif yang kalian gunakan sehari-hari untuk bekerja tidak akan bisa berjalan dan gunakan.

Konsep dan tujuan linux diciptakan – Setelah linus merenung dan ngoding bersama developer lain yang sepemikiran dari tahun 1991 dan melewati perjalan dan proses yang panjang singkatnya pada tahun 1994 kernel linux selesai dibuat oleh linus torvalds and friends.

Sebagai seorang developer pak linus selalu terbentur akan regulasi dan lisensi OS yang ada setiap kali akan membuat projek ,dari sinilah ide membuat OS yang gratis dan bebas dimodifikasi oleh setiap orang muncul,dengan begitu developer diluar sana tidak akan mengalami pengalaman yang sama yang dirasakan oleh linus,dimana setiap kali mau berkreasi terbentur akan lisensi OS yang ada pada saat itu,dimana OS nya tidak boleh sembarangan dimodifikasi karena mempunyai lisensi tertutup.

Mengenal DISTRO LINUX

Tahun 1994 kernel linux selesai dibuat oleh linus torvalds and friends,dan linus ingin hasil ciptaan nya dihadiahkan untuk dunia tapi masalahnya pada siapa dia harus memberikan? nah jawaban nya adalah semua orang bisa mengembangkan linux, singkat cerita dari kernel buatan linus torvalds and friends inilah lahir 3 jenis varian linux yang masih ada sampai saat ini sebagai hasil pengembangan dari kelompok/organisasi yang ikut andil dalam pengembangan linux berdasar kernel tahun 1991. 3 distro besar yang masih ada sampai saat ini adalah Redhat,SLS dan Debian.

Orang/organisasi yang mengembangkan dan mendistribusikan linux miliknya inilah yang disebut dengan distro linux (linux distribution)

contoh distro linux saat ini
distro linux

Dari 3 distro besar tersebut muncul juga pengembang lain yang mengembangkan linux sesuai dengan tujuan dan kebutuahan nya masing-masing berdasarkan kernel dari 3 distro besar tersebut.Maka jangan heran jika sekarang ada ratusan ditro yang beredar resmi di internet dan mungkin ribuan distro diseluruh dunia yang hasil distronya hanya digunakan untuk kalangan tertentu.

Banyaknya distro ini dikarenakan linux bebas dikembangkan dan dibuat untuk tujuan yang spesifik oleh siapapun.Jadi jika kamu ada projek pilihlah distro linux sesai dengan kebutuhan projekmu.

Linux disekitar kita- Pada awal penciptaan nya, linux hanya digunakan untuk komputer server tapi dimasa sekarang penggunaan linux sudah meluas dari server hingga alat pembuat kopi otomatis.

Setiap perangkat cerdas di sekitar kita kebanyakan dinyawai oleh sistem operasi linux,hal ini sangat cocok karena linux sangat ringan sehingga cocok digunakan untuk sistem operasi perangkat kecil hingga yang besar,misalnya CCTV,DVR,rambu lalulintas,sensor,mesin medis,mesin industri,perangkat keamanan,mesin absensi,smart tv, bahkan HP kalian menggunakan sistem operasi linux. Dimana android merupakan salah satu distro linux yang digunakan pada perangkat mobile phone.

Mengenal Linux Shell

apa itu komputer shell? shell adalah interface yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem operasi,pada umunya shell berupa Command-Line Interface (CLI) ataupun Graphical User Interface (GUI).

Misal pada windows yang disebut shell adalah desktop sebagai shell versi GUI dan command promt sebagai shell versi CLI.

Karena linux spesial dan anti main stream maka yang dimaksud shell pada linux adalah Command-Line Interface (CLI) ,walau linux sudah mempunyai desktop namun versi desktop GUI bukanlah shell, karena hanya dari shell CLI lah linux bisa diakses dan digunakan 100%.

Mengenal ROOT

Linux mempunyai konsep sistem operasi dengan keamanan tinggi,dari sinilah istilah root diterapkan,dimana istilah root mengacu pada puncak tertinggi di dunia linux. Penggunaan istilah root ini sangat flexibel di dunia linux tapi tetap mengacu pada puncak tertinggi, misalnya root pada user berarti administrator/user dengan privilages tidak terbatas sedangkan istilah root pada sistem berarti lokasi dimana sistem linux diinstall, root directory pada user mengacu pada direktory/folder tertinggi dengan hak akses penuh yang dimiliki user tersebut biasanya pada direktory /home/namauser

Case Sensitive

Linux beda dengan Windows jadi yang harus kamu ingat bahwa linux case sensitive yang artinya linux akan memandang dan memperlakukan secara berbeda sebuah huruf dari besar kecilnya huruf (kapital atau tidak kapital),perlakuan ini berlaku disemua lingkungan linux ,mulai dari penamaan folder/directory hingga perintah linux.

Jadi misalnya ada folder dengan nama “dokumen” akan dinilai berbeda dengna folder yang bernama “Dokumen”,dOkumen,DOKUMEN,….dokumeN, Jadi kamu harus tau dan paham akan konsep case sensitive ini.

Linux Desktop vs Linux Server

Untuk 3 distro besar yang telah disebut diatas akan menyediakan 2 versi linux yaitu versi untuk Desktop dan versi untuk server.

Versi desktop ini sangat cocok untuk user biasa dengan kebutuhan komputer berbasis GUI,seperti komputer yang kamu gunakan saat ini dimana aplikasinya lengkap dan tinggal pakai, sedakangkan untuk versi server hanya akan diinstall core/inti dari sistem operasi linux tanpa tampilan GUI dengan pertimbangan sang ahli IT akan membangin dan menginstall paket sesuai dengan kebutuhan nya.

KESIMPULAN

Sebelum memulai belajar linux kamu wajib mengenal linux terlebih dahulu agar paham akan konsep dan istilah yang digunakan di linux,sehingga kamu tidak menemui kesulitan saat memulai belajar linux