Aplikasi Alternatif Linux Pengganti Aplikasi Windows

Ada beribu-ribu aplikasi yang telah dibuat dan siap diinstall di komputermu,untuk memudahkan proses mencari dan installasi sebaiknya kamu menggunakan package manager/application manager.Ada hal unik soal penamaan aplikasi di dunia free and opensource community,yaitu nama aplikasinya kadang “aneh” sehingga bagi kamu yang baru belajar linux agak kesulitan untuk mencari aplikasi tersebut saat menggunakan package manager/application manager.

Aplikasi Linux untu Office/kantoran

Ada beberapa aplikasi linux yang bisa menggantikan fungsi aplikasi ms.office windows yang biasa digunakan untuk mengetik,print,scann,spreadsheet,presentasi database dan tersedia juga aplikasi lain yang biasa digunakan oleh pekerja kantoran.

Libre Office,Open Office- Aplikasi Libre office di linux mampu menggantikan 100% fungsi ms.office pada windows,libre office menyediakan aplikasi untuk mengetik (word),spreadsheet(exel),presentation(powerpoint),database(access) dan tambahan aplikasi untuk menggambar.Pilih libre office jika kamu menginginkan aplikasi linux yang mampu membaca file dari ms.office secara sempurna.

VueScan, xSane – Merupakan aplikasi linux yang berguna untuk menscan dokumen.

zip, unzip, bzip2, gzip – Merupakan aplikasi linux untuk mengelola file archive seperti halnya aplikasi winrar pada windows.

Vim, KWrite, Kate, BlueFish, Gedit, Joe, Sublime Text, Leafpad, Nano – Kesemuanya merupakan aplikasi text editor di linux yang fungsinya sama dengan notepad di windows.

Kontact, BALSA, Thunderbird + Lightning, Sunbird – Bisa kamu gunakan sebagai aplikasi email client yang mampu  menggantikan outlook express saat menggunakan windows.

Aplikasi Networking pada Linux

Firefox, Konqueror, Netscape, ChroMe- Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi internet explorer yang fungsinya sebagai web browser.

PidgIn, Kopete, aMSN, Emesene (MSN), Centericq- Mampu menggantikan fungsi aplikasi IM pada windows seperti YM,ICQ,AOL dan ICQ

FileZilla FTP Client, KFTP (KFTPGrabber), Kasablanca, FireFTP, Konqueror, KBear, CrossFTP, Nautilus – Berguna sebagai aplikasi FTP Client pada linux.

TightVNC, RealVNC, rdesktop, FreeNX, x11vnc, Synergy, XDMCP, SSH dengan X11 forwarding (-X atau -Y option) – Aplikasi linux ini bisa digunakan untuk menggantikan aplikasi remote desktop windows seperti VNC dan Remote Desktop.

gSTM– Merupakan aplikasi ssh tunneling dan redirect pada linux yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan  fungsi aplikasi bitvise tunnelir pada windows.

Aplikasi Server pada Linux

Apache, Engine-X(nginx), lighttpd – Merupakan aplikasi webserver pengganti IIS pada linux yang paling banyak digunakan oleh webserver besar saat ini.

Samba- Berfungsi sebagai server sharing folder dan printer pada linux yang sama persis fungsinya dengan windows file sharing,kelebihan dari samba adalah kompatibel dengan windows,yang berarti file sharing di linux bisa dibuka/diakses dari windows.

vsftpd, pure-ftpd – Bisa kamu gunakan sebagai FTP server sebagai pengganti aplikasi filezilla di windows.

Guarddog, Firestarter, GUFW, iptables – Berfungsi sebagai firewall pada linux sebagai alternatif aplikasi zone alarm pada windows

Aplikasi Multimedia pada Linux

Berikut aplikasi pada linux yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan multimedia hingga keperluan hiburan.

Aplikasi video player pada linux :MPlayer, Xine, Totem, Kaffeine, VLC
Aplikasi Music Player di Linux : amaroK, aTunes, XMMS, noatun, RhythmBox, xine will play aac and wma, Banshee
Aplikasi Photo Editor di Linux  : Gimp
Aplikasi Raw Photo Editor Linux: Dark table,RawTherapee,UFRaw,Rawstudio,Photivo
Aplikasi Graphic Editor di Linux : Inkscape
Aplikasi Video Editor di Linux : Cinelerra (difficult but very professional), KDenlive (easy and powerful), Blender, LiVES, Kino, AviDemux
Aplikasi Audio Editor di Linux : Grip, Audacity
Aplikasi 3D modeling di Linux : Blender, Maya, Softimage, K-3D

Cara install Aplikasi di linux

Untuk menginstall nya kamu gunakan application manager sesuai panduan cara menginstall dan mengelola aplikasi di linux mint menggunakan software manager

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.