Belajar Dasar Dasar Perintah Linux untuk Pemula Sampai Mahir

Pengenalan Perintah Linux

Saat kamu belajar perintah dasar linux kamu bakal mengenal istilah linux seperti  Command Line, Text Base, Terminal atau Shell semua itu sama dan itu akan di bahas disini untuk kedepanya saya akan sebut dengan istilah Terminal atau perintah linux.

Disini kita akan belajar perintah dasar yang sering di pakai di linux jadi kamu bakal sering menggunakan keyboard dan semua perintah harus di ketik seperti membuat folder, meng-copy file, menghapus file dan bahkan menginstall aplikasi menggunakan perintah yang harus di ketik lalu masih ada banyak lagi yang bisa di lakukan menggunakan perintah di linux.

Kenapa Perlu Belajar Perintah Dasar Linux?

Jika kamu ingin memperdalam linux kamu harus menguasai Perintah Dasar Linux/command line karena dengan menggunakan  Perintah Linux/commad line akan lebih banyak fitur yang bisa diakses dan  lebih power full karena memang dulunya interface linux menggunakan command line.

Walau linux sudah ada GUI/grafis namum mempelajari Perintah Linux/command line sangat perlu jika kamu ingin memperdalam belajar linux,ini dikarenakan aplikasi GUI hanya memberikan fungsi yang terbatas dan hanya ditujukan untuk kalangan awam,sedangkan user administrator atau teknisi memerlukan kendali penuh atas mesin linux, kendali penuh linux hanya bisa diakses melalui Perintah Linux/command line interface baik melalui shell atau terminal emulator.

Apa itu Perintah linux (Linux Command Line)

Pada dasarnya perintah linux adalah sebuah aplikasi,hanya saja aplikasi ini tidak mempunyai tampilan grafis dan hanya mempunyai tampilan berbasis text.Jadi perintah linux sebenarnya adalah jenis aplikasi console yang cara menjalankan nya harus melalui shell,terminal,command line interface (CLI) atau console dan oleh banyak orang lebih dikenal dengan perintah linux atau linux command.

Terminal Emulator

Terminal emulator adalah aplikasi yang menyediakan interface berbasis text (CLI) untuk mengakses shell.Untuk memudahkan dalam mengakses shell linux (Shell CLI) dari GUI maka dibuatlah terminal emulator,dengan terminal emulator kamu bisa mengakses shell console dari shell GUI yang kamu gunakan saat ini,jadi lebih mudah.

Linux Shell

shell adalah interface yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem operasi,pada umunya shell berupa Command-Line Interface (CLI) ataupun Graphical User Interface (GUI).

Jenis shell yang kamu gunakan pada windows mu sehari-hari adalah GUI shell,karena dengan GUI shell semua orang bisa menggunakan nya dengan mudah.

Sedangkan yang dimaksud shell pada linux adalah Shell dalam versi Command-Line Interface (CLI) bukan GUI,walau linux sudah mempunyai desktop/grafik namun versi desktop GUI bukanlah shell yang dimaksud, karena jika kamu ingin menggunakan 100% potensi linux kamu harus mengakses nya melalui CLI.

Saat menggunakan perintah Linux maka kamu akan mengakses shell CLI dan diharuskan mengetikan perintah/text sebagai satu-satunya cara untuk berinteraksi dengan linux mu melalui shell.

Perintah linux case sensitive

saat mengetikan perintah linux pastikan kamu menggunakan huruf kecil,karena semua perintah dasar linux  menggunaan huruf kecil.Alasanya karena linux case sensitif dimana huruf besar dan kecil dianggap berbeda,bukan hanya dalam pengetikan perintah saja namun dalam penamaan file juga begitu.Huruf besar kecil dianggap berbeda jadi berhati-hatilah saat kamu membuat nama file.

Fitur Auto Complete Pada Terminal Linux

Saat kamu mengetik perintah linux di terminal linux,kamu tidak harus menuliskan nya secara lengkap,kamu bisa memanfaatkan fitur auto complete untuk mempercepat penulisan perintah linux pada terminal linux.Caranya cukup ketik beberapa huruf dari perintah linux yang akan kamu ketik lalu tekan tombol TAB pada keyboard 2x maka linux akan memberikan sugesti/pilihan perintah linux yang kamu akan gunakan.
perintah linux dengan auto complete

Pada contoh diatak saya ketik apt lalu  saya tekan tombol TAB 2x maka linux akan memberi sugesti daftar perintah linux yang diawali dengan apt, fitur auto complete ini juga bisa digunakan untuk mengingat perintah yang lupa-lupa ingat hanya dengan mengetikan beberapa karakter pertama dari perintah yang kamu lupa lupa ingat.

Terkadang fitur auto complete tidak berjalan/bekerja sebagaimana mestinya,untuk mengatasi hal demikian kamu bisa mengikuti tutorial Cara Mengaktifkan Auto Complete Pada Terminal Linux

Cara Memulai Belajar Perintah Linux

Untuk masuk ke terminal kamu perlu membuka aplikasi terminal yang ada di menu pilih accessories kemudian klik Terminal. Jadi untuk kedepanya kamu bakal menggunakan cara ini untuk mengikuti setiap panduan perintah linux disini.

cara memnbuka terminal linux command

Sekarang saya akan mulai materi perintah linux melalui link di bawah ini dan bagi yang baru belajar saya sarankan untuk mengikuti secara berurutan lalu bagi yang sudah paham bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perintah mana yang akan di pelajari.

Tips:
-Saat saya menuliskan contoh perintah linux akan selalu diawali dengan tanda pagar # dan dolar $ ,artinya apa?
-Tanda pagar # pada terminal linux memnandakan kamu sedang menggunakan user root sedangkan tanda dolar $ menandakan user yang sedang kamu gunakan merupakan user biasa/bukan user root.
-Saat saya menuliskan perintah pada tutorial tanda pagar # artinya perintah harus dijalankan menggunakan user root,jika kamu ingin menjalankan dari user biasa ($) maka tambahkan sudo. Contoh :perintah $ sudo apt-get update sama artinya dengan # apt-get update
-Sedagkan tanda dolar $ artinya perintah dijalankan dengan user biasa(bukan root), contoh $ ls -la
sudo artinya kmau menjalankan perintah dari user biasa namun menggunakan privilage root

101 Perintah Dasar Linux (Linux Command Essential)

Perintah dasar linux atau linux command essential adalah aplikasi linux berbasis console yang disertakan oleh semua distro linux sebagai aplikasi console standar yang berfungsi sebagai tool untuk melakukan navigasi dan mengelola sistem.

Jadi tanpa install aplikasi console ini pasti ada disetiap distro,jadi kamu wajib untuk menghafal perintah dasar linux ini sebagai modal dasar untuk bisa mengoperasikan linux melalui terminal atau shell.

  1. Memulai belajar Perintah Linux
  2. Perintah Dasar Linux Mengelola file dan direktori/folder
  3. Perintah Dasar Linux Informasi Sistem dan hardware
  4. Perintah Dasar Linux Mengelola Aplikasi dan Services
  5. Perintah Dasar Linux Networking/Jaringan
  6. Perintah Dasar Linux Proses Text/String
  7. Monitor dan Mengelola Proses/Aplikasi yang berjalan di Linux

Perintah Dasar Linux Lanjutan dan Menengah

Walau dalam bab ini masih menggunakan perintah dasar linux,namun penggunaan perintah ini perlu pemahaman mendalam tentang konsep dibuatnya pengaturan hak akses user dan file yang dibuat sangat ketat.

Kenapa linux tahan dari serangan malware/virus?- Jawaban nya karena linux menerapkan sistem pengaturan hak akses file terhadap user dengan extra ketat,sehingga file penting system hanya bisa diakses dan dimodifikasi oleh user root.Jadi tolong diperhatikan saat menerapkan user permission dan file attribut terhadap linux yang kamu kelola,karena memberikan permission ke file penting secara tidak bijak akan memperlemah pertahanan linux mu.

  1. Menglola User dan Groups di Linux
  2. Mengatur File Attribute dan Permission di Linux

Perintah Linux Setting Jaringan/Network

Walau sudah tersedia tool GUI untuk mengelola jaringan (mengatur wifi dan lan) tapi tidak ada salahnya kamu belajar mengelola jaringan linux menggunakan terminal /perintah linux.Bab ini akan sangat berguna saat kamu melakukan troubleshooting/perbaikan atau sedang setting sebuah server yang diakses tanpa GUI.

Cara Setting Koneksi LAN WiFi Ubuntu Linux Mint Menggunakan Terminal

Jika ada kesulitan dan masukan jangan sungkan untuk menghubungi kami.