PERINTAH DASAR LINUX 2020|Lengkap Untuk Pemula

Belajar Menguasai Perintah Linux Dari Dasar

Selamat datang di kelas ke-2 belajar linux yaitu kelas “Perintah Linux”

Disini kamu akan belajar memahami dan menggunakan perintah linux menggunakan terminal dari dasar hingga kamu ahli dan menguasai perintah linux seutuhnya.

Perintah linux yang akan kamu pelajari adalah mulai dari perintah linux dasar hingga perintah linux untuk sistem administrasi,jaringan dan keamanan.

Perintah linux ini bisa kamu gunakan untuk melihat dan menampilkan isi folder, mencari file, membuat file, hapus file, memindah, copy, paste hingga kamu bisa install, hapus, update dan upgrade aplikasi dengan mengetikan perintah linux di teminal.

Tidak hanya itu kamu juga bisa melihat spek komputer mengunakan terminal, dan lebih keren nya kamu bisa membuat script linux sendiri disini.

Keren bukan ?? !!!

Kenapa Perlu Belajar Perintah Linux?

Jika kamu ingin memperdalam linux kamu harus menguasai Perintah Dasar Linux, Kenapa?

Karena dengan menggunakan  Perintah Linux akan lebih banyak fitur yang bisa diakses dan  lebih power full karena memang dulunya interface linux menggunakan terminal.

Walau linux sudah ada GUI/grafis namum mempelajari Perintah Linux/command line sangat perlu jika kamu ingin memperdalam belajar linux.

Ini dikarenakan aplikasi GUI hanya memberikan fungsi yang terbatas dan hanya ditujukan untuk kalangan awam,sedangkan user administrator atau teknisi memerlukan kendali penuh atas mesin linux.

Kendali penuh linux hanya bisa diakses melalui Perintah Linux/command line interface baik melalui shell atau terminal emulator.

Belajar Perintah Linux itu MUDAH

Kamu sangat beruntung, dulu saya belajar perintah linux harus membaca panduan bahasa inggris.

Sekarang kamu gak perlu lagi susah-usah browsing dan translate karena di belajarlinux.org sudah disediakan artikel lengkap untuk belajar perintah linux dari dasar hingga kamu mahir.

Darimana Memulai Belajar Perintah Linux ?

Selalu mulai dari Step 1 dibawah ini,

Selanjutnya tinggal ikuti dan praktekan setiap perintah yang ada di tutorial.


STEP1:
MENGENAL PERINTAH LINUX

Apa itu Perintah linux (Linux Command Line)

Pada dasarnya perintah linux adalah sebuah aplikasi,hanya saja aplikasi ini tidak mempunyai tampilan grafis dan hanya mempunyai tampilan berbasis text.

Jadi perintah linux sebenarnya adalah jenis aplikasi console yang cara menjalankan nya harus melalui shell,terminal,command line interface (CLI) atau console dan oleh banyak orang lebih dikenal dengan perintah linux atau linux command.

Mengenal Terminal Emulator

Terminal emulator adalah aplikasi yang menyediakan interface berbasis text (CLI) untuk mengakses shell.

Untuk memudahkan dalam mengakses shell linux (Shell CLI) dari GUI maka dibuatlah terminal emulator,dengan terminal emulator kamu bisa mengakses shell console dari shell GUI yang kamu gunakan saat ini,jadi lebih mudah.

Apa itu Linux Shell?

shell adalah interface yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem operasi,pada umunya shell berupa Command-Line Interface (CLI) ataupun Graphical User Interface (GUI).

Jenis shell yang kamu gunakan pada windows mu sehari-hari adalah GUI shell,karena dengan GUI shell semua orang bisa menggunakan nya dengan mudah.

Sedangkan yang dimaksud shell pada linux adalah Shell dalam versi Command-Line Interface (CLI) bukan GUI,walau linux sudah mempunyai desktop/grafik namun versi desktop GUI bukanlah shell yang dimaksud, karena jika kamu ingin menggunakan 100% potensi linux kamu harus mengakses nya melalui CLI.

Saat menggunakan perintah Linux maka kamu akan mengakses shell CLI dan diharuskan mengetikan perintah/text sebagai satu-satunya cara untuk berinteraksi dengan linux mu melalui shell.

Perintah linux case sensitive

saat mengetikan perintah linux pastikan kamu menggunakan huruf kecil,karena semua perintah dasar linux  menggunaan huruf kecil.

Alasanya karena linux case sensitif dimana huruf besar dan kecil dianggap berbeda,bukan hanya dalam pengetikan perintah saja namun dalam penamaan file juga begitu.

Huruf besar kecil dianggap berbeda jadi berhati-hatilah saat kamu membuat nama file.

Fitur Auto Complete Pada Terminal Linux

Saat kamu mengetik perintah linux di terminal linux,kamu tidak harus menuliskan nya secara lengkap,kamu bisa memanfaatkan fitur auto complete untuk mempercepat penulisan perintah linux pada terminal linux.

perintah linux dengan auto complete

Caranya cukup ketik beberapa huruf dari perintah linux yang akan kamu ketik lalu tekan tombol TAB pada keyboard 2x maka linux akan memberikan sugesti/pilihan perintah linux yang kamu akan gunakan.

Pada contoh diatas saya ketik apt lalu  saya tekan tombol TAB 2x maka linux akan memberi sugesti daftar perintah linux yang diawali dengan apt, fitur auto complete ini juga bisa digunakan untuk mengingat perintah yang lupa-lupa ingat hanya dengan mengetikan beberapa karakter pertama dari perintah yang kamu lupa lupa ingat.

Terkadang fitur auto complete tidak berjalan/bekerja sebagaimana mestinya,untuk mengatasi hal demikian kamu bisa mengikuti tutorial Cara Mengaktifkan Auto Complete Pada Terminal Linux


STEP2:
BELAJAR MENGGUNAKAN TERMINAL

Perintah dasar linux atau linux command essential adalah aplikasi linux berbasis console yang disertakan oleh semua distro linux sebagai aplikasi console standar yang berfungsi sebagai tool untuk melakukan navigasi dan mengelola sistem.

Jadi tanpa install aplikasi console ini pasti ada disetiap distro,jadi kamu wajib untuk menghafal perintah dasar linux ini sebagai modal dasar untuk bisa mengoperasikan linux melalui terminal atau shell.

Mulai Dengan Belajar Menggunakan  Terminal Linux

Kamu memerlukan terminal agar bisa mengetikan dan menggunakan perintah linux, terminal linux berupa aplikasi dengan tampilan gelap seperti gambar dibawah ini.

cara memnbuka terminal linux command

Baiknya kamu baca: belajar cara menggunakan terminal linux sebelum kamu melangkah ke tahap selanjutnya, agar lebih paham bagaimana cara membuka terminal dan menggunakan nya.

Sekarang saya akan mulai materi perintah linux melalui link di bawah ini dan bagi yang baru belajar saya sarankan untuk mengikuti secara berurutan lalu bagi yang sudah paham bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perintah mana yang akan di pelajari.

Tips Belajar Perintah Linux

Tips dibawah ini akan sangat berguna untuk mu yang baru mulai belajar perintah linux,jadi hafalkan dan pahami ;
Saat saya menuliskan contoh perintah linux akan selalu diawali dengan tanda pagar # dan dolar $ ,artinya apa?

  • Tanda pagar # pada terminal linux memnandakan kamu sedang menggunakan user root sedangkan tanda dolar $ menandakan user yang sedang kamu gunakan merupakan user biasa/bukan user root.
  • Saat saya menuliskan perintah pada tutorial tanda pagar # artinya perintah harus dijalankan menggunakan user root,jika kamu ingin menjalankan dari user biasa ($) maka tambahkan sudo. Contoh :perintah $ sudo apt-get update sama artinya dengan # apt-get update
  • Sedagkan tanda dolar $ artinya perintah dijalankan dengan user biasa(bukan root), contoh $ ls -la
    sudo artinya kmau menjalankan perintah dari user biasa namun menggunakan privilage root

STEP3:
BELAJAR PERINTAH DASAR LINUX

Kamu akan mulai belajar perintah linux mulai dari yang paling mudah yaitu melihat, copy, paste, memindah, hapus file dan folder via terminal, mengecek spek komputer, install, hapus dan update aplikasi.

Perintah dasar ini wajib kamu hafalkan dan kuasai sebagai modal untuk melanjutkan belajar ke tahap berikutnya.

Belajar Mengelola File dan Folder Menggunakan Terminal 

Disini kamu akan belajar menggunakan perintah linux untuk melihat,mengedit,copy,paste,reneme,memindah,membuat,menghapus,file dan folder di linux.

Baca: Melihat,membuat,edit,hapus file dan folder menggunakan terminal

Kamu wajib hukumnya untuk hafal semua perintah tersebut sebagai modal saat kamu belajar linux.

Belajar Melihat Spec Komputer Dengan Terminal 

Walau kamu bisa mengecek spec komputer di linux menggunakan aplikasi GUI,tapi kamu wajib tau dan belajar cara mengecek spek komputer menggunakan perintah linux.

Baca:Perintah  Linux Untuk Mengecek Sistem

Ini akan sangat berguna di bab berikutnya saat kamu belajar server, karena linux server tidak punya tampilan desktop/gui dan semua dilakukan via remote terminal menggunakan perintah linux.

Belajar Menginstall,Update dan Hapus Aplikasi Dengan Terminal 

Entah kamu mau belajar linux desktop ataupun server, kamu wajib tau dan bisa cara menginstall,hapus,update aplikasi via terminal menggunakan perintah linux.

Baca: Cara install,update,hapus Aplikasi dan Services via terminal

Karena mengelola aplikasi via terminal akan jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan GUI yang terkadang ngebug dan error.

Belajar Cek Jaringan Menggunakan Terminal

Kamu bisa dengan mudah dan cepat mengecek status jaringan linux mu mengunakan perintah linux via terminal.

Baca:Cara Cek Status Jaringan via terminal

Disini kamu bisa cek ip,ping,merubah hostname,melihat port yang terbuka hingga melakukan trace route.

Belajar Mengelola File Text Menggunakan Terminal

Linux berbasis text,itulah sebabnya kamu perlu belajar perintah linux yang diharuskan kamu mengetikan text untuk berinteraksi dengan linux.

Text hasil dari perintah linux yang kamu ketikan di terminal bisa kamu olah dan sortir hasilnya untuk mendapatkan informasi yang kamu butuhkan saja.

Baca:Perintah  Linux Untuk Memproses  Text/String

Itulah mengapa kamu perlu belajar cara mengelola dan memproses informasi dalam bentuk text/string.

Belajar Menggunakan Task Manager Berbasis Console

Linux punya task manager seperti windows,hanya saja tak manager di linux jauh lebih canggih dan berguna dibandingkan punya windows.

Baca: Menggunakan Task Manager Linux Via Terminal

Lewat task manager inilah kamu bisa melakukan trouble shooting terhadap aplikasi dan service yang sedang berjalan di linux.

Kamu bisa dengan segera menghentikan process yang mencurigakan atau bahkan memberikan prioritas tinggi untuk process aplikasi/service yang penting.


STEP 4:
BELAJAR PERINTAH LINUX SYSTEM ADMIN & SECURITY

Walau dalam bab ini masih menggunakan perintah dasar linux,namun penggunaan perintah ini perlu pemahaman mendalam tentang konsep dibuatnya pengaturan hak akses user dan file yang dibuat sangat ketat.

Kenapa linux tahan dari serangan malware/virus?

Jawaban nya karena linux menerapkan sistem pengaturan hak akses file terhadap user dengan extra ketat,sehingga file penting system hanya bisa diakses dan dimodifikasi oleh user root.

Jadi tolong diperhatikan saat menerapkan user permission dan file attribut terhadap linux yang kamu kelola,karena memberikan permission ke file penting secara tidak bijak akan memperlemah pertahanan linux mu.

Baca : Memahami Hak Akes File Di Linux

Belajar Mengatur Hak Akses File Di Linux Via Terminal

Linux dikenal sangat aman,ini dikarenakan linux menerapkan atribut hak akses untuk semua file dan folder dengan sangat ketat.

File dan folder dengan atribut tertentu hanya bisa dilihat,dimodifikasi,dieksekusi oleh user dan group yang telah ditentukan. 

Baca:Mengatur Hak Akses File dan folder di Linux

Maka kamu sangat disarankan untuk menguasai dan mengerti konsep file atribut pada linux dan cara menggunakan nya.

Belajar Mengelola User dan Group Dengan Terminal

Linux dikenal dengan multi user dan multi session, linux bisa digunakan oleh banyak user dalam satu waktu.

Perlu kamu  ketahui juga setiap service yang berjalan di linux dijalankan mengugnakan user yang berbeda.

Baca:Menglola User dan Groups di Linux

Itulah sebabnya kamu perlu belajar bagaimana mengelola user dan group di linux untuk memudahkan trouble shooting atau saat setting linux yang diharuskan untuk membuat user dan group dengan atribut tertentu terlebih dahulu.

Cara Megubah Hak Akses User Terhadap Shell dan Sudoer

Kamu bisa mengubah dan menentukan apakah suatu user diberikan shell atau tidak dan bisa menentukan user tersebut apakah boleh menggunakan perintah sudo atau tidak.

Baca : Cara mengubah hak akses user terhadapa shell dan sudoer

Belajar Setting WiFi dan LAN Via Terminal

Walau sudah tersedia tool GUI untuk mengelola jaringan (mengatur wifi dan lan) tapi tidak ada salahnya kamu belajar mengelola jaringan linux menggunakan terminal /perintah linux.

Bab ini akan sangat berguna saat kamu melakukan troubleshooting/perbaikan atau sedang setting sebuah server yang diakses tanpa GUI.

Baca:Cara Setting Koneksi LAN WiFi Ubuntu Linux Mint Menggunakan Terminal

Jika ada kesulitan dan masukan jangan sungkan untuk menghubungi kami.


SELAMAT KAMU TELAH MENGUASAI PERINTAH LINUX

Saya ucapkan selamat karena kamu telah berhasil menguasai perintah linux dan sekarang kamu sudah bisa menggunakan linux via shell/console.

Gimana? Lebih enak dan keren pakai linux menggunakan terminal/shell dibandingkan GUI kan?

Belum Jago,Kalau Belum Bisa Bikin Server

Kamu sudah menguasai perintah linux, hanya dipakai untuk instal dan hapus aplikasi doang? itu mah gak seru.

Belum dikatakan jago linux kalau kamu belum bisa membuat server linux.

Tenang saja kamu bisa membuat server linux yang online 24jam dengan biaya cuman ratusan rebu, dan bisa dijadikan server website.

LANJUT BELAJAR MEMBUAT SERVER LINUX