13 Perbedaan Linux dan Windows Dari Berbagai Sisi

Linux menjadi semakin populer sejak dirintisnya linux versi desktop dan digunakan juga pada HP (android), windows dan linux adalah dua sistem operasi yang berbeda, terdapat banyak perbedaan antara keduanya.

Disini akan dikupas tuntas perbedaan antara linux dan windows dari berbagai macam sisi, mulai dari harga, pengguna, lisensi, dayatahan, struktur file, dukungan hardware dan masih banyak lagi.

Pandangan Umum Tentang Sistem Operasi Windows dan Linux

Microsoft Windows yang juga kerap dikenal oleh hampir semua orang dengan nama Windows merupakan sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh microsoft.

Windows menggunakan telah menggunakan antarmuka/interface berbasis grafis, bukan lagi hanya berbasis text seperti pendahulunya MS-DOS.

Dengan tampilan grafis,pengguna windows akan lebih mudah saat bekerja dengan dokumen dan folder.

Windows Merupakan Evolusi Dari MS-DOS

Pada dasarnya windows merupakan hasil revolusi dari sistem operasi pendahulunya yaitu MS-DOS.

MS-DOS merupakan sistem operasi yang masih menggunakan antarmuka command line berbasis text, tidak ada grafis pada saat itu, semua tampilan murni text.

Kemudian windows versi 1.0 diciptakan dan diperkenalkan pada tahun 1983, tepatnya tanggal 10 november.

Tapi windows versi 1.0 tidak langsung dijual dipasaran, melainkan baru diedarkan ke pasaran beberapa tahun kemudian yaitu pada bulan november 1985.

Pada versi ini masih bergantung pada MS-DOS dan belum menjadi sistem operasi mendiri, itu artinya windows 1.0 hanya melengkapi MS-DOS agar punya tampilan grafis.

Di veris selanjutnya windows menjadi sistem operasi mandiri yang tidak lagi memerlukan MS-DOS.

Microsoft Windows pun sukses dikala itu hingga sekarang untuk tipe sistem operasi dengan tampilan grafis terbaik.


Linux Adalah Sistem Operasi Bebas dan Opensource

Linux merupakan sistem operasi opensource yang dibuat "terinspirasi oleh UNIX" oleh linus torvalds pada tahun 1991.

Baca : Sejarah linux

Linux tidak dikembangkan oleh satu perusahaan saja ,tapi dikembangkan oleh komunitas di seluruh dunia.

Linux awalnya hanya menggunakan antarmuka console berbasis text, namun sekarang linux telah menggunakan GUI untuk beberapa aplikasi untuk keperluan pekerjaan sehari-hari.

Linux banyak digunakan diberbagai macam perangkat seperti server, desktop, HP, gaming console, camera, IoT, Mesin industri, sistem keamanan ,mobil , dan masih banyak lagi.


Perbedaan Linux dan Windows Dari Berbagai Segi

Secara fungsi , tidak ada beda antara windows dan linux, keduanya adalah sistem operasi yang bertugas untuk memanage penggunaan resource komputer oleh aplikasi yang dijalan kan nya.

Tetapi windows dan linux punya banyak sekali perbedaan dari segi hukum, penggunaan nya hingga urusan teknis.

#1 Dari Segi Harga dan Lisensi

Windows merupakan sistem operasi komersial yang dikembangkan oleh microsoft yang kode program nya dijaga kerahasiaan nya dan hanya developer internal yang bisa mengakses dan mengembangkan sistem operasi windows.

Untuk bisa menggunakan sistem operasi windows secara legal kamu harus membayar atau membeli lisensi terlebih dahulu

Bagaimana kalau ada yang mengatakan "saya enggak pernah beli windows tuh tinggal minta teman installkan saja beres". Berarti kamu sedang menggunakan software bajakan/ilegal.

Berbeda dengan linux yang kode program nya dipublikasi untuk umum (Opensource) yang bisa dimodifikasi, dikembangkan dan digunakan secara bebas serta gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

#2 Dari Segi User

Dari awal dibuat, windows memang membidik user casual/biasa/personal untuk membantu pekerjaan kantoran, sehingga windows didesain dengan user interface grafik (GUI) untuk memudahkan pengoperasian nya.

Berbeda dengan linux yang pada awalnya memang dibuat untuk digunakan di kalangan developer dan programmer untuk membangun server.

Itulah mengapa linux terkenal dengan CLI/console/perintah linux nya, ini karena interface console sangat ringan dan flexible sehingga cocok diterapkan di sebuah server.

#3 Dari Segi Penggunaan

Sebagian besar penggunaan sistem operasi windows diperuntukan untuk PC, laptop dan mobile device. Walau ada windows server namun sangat jarang digunakan karena alasan keamanan dan ketahanan nya.

Linux memang dari pertama diciptakan didesain sebagai nyawa server, tak heran jika sebagian besar infrastruktur jaringan dan internet menggunakan sistem operasi linux. Bahkan sekarang linux sudah umum digunakan sebagai sistem operasi HP yaitu android.

#4 Dari Segi Keamanan

Windows paling sering dan paling gampang terkena virus makanya kalian harus butuh software ativirus entah berbayar atau yang gratisan.

Sistem keamanan linux jauh lebih handal dibanding windows,ini karena linux dikembangkan oleh lebih banyak orang diseluruh dunia,dibanding windows (cuma dikembangin oleh orang seperusahaan).

Itulah mengapa sebagian besar server menggunakan linux bukan windows,termasuk server website ini menggunakan linux.

#5 Dari Segi Kestabilan

Pernah mengalami bluescreen di windows? kamu tidak akan pernah mengalami itu di Linux karena Linux lebih stabil daripada windows.  

Pernah merasa windows kamu lambat dan harus di install ulang? Kamu tidak perlu install ulang kalau pakai Linux.

Kalau windows sudah lambat minta di restart? Linux jarang sekali perlu di restart.

Bahkan linux tidak memerlukan restart setelah melakukan update, sehingga cocok sekali untuk sistem operasi server yang memang tidak boleh mati/restart.

#6 Dari Segi Struktur File

Windows dan linux mempunyai struktur file yang berbeda kalau di windows kamu sering lihat drive C: dan D: kan? tetapi di linux kamu tidak akan menemukan seperti itu karena semua berbentuk folder.

Struktur file di linux hanya mempunyai satu induk yaitu root dengan symbol daris miring /

File sistem yang di pakai untuk partisi hardisk juga berbeda kalau di windows kita sering dengar NTFS atau FAT32 tetapi di linux menggunakan EXT2, EXT3 dan sebagainya.

Baca: Struktur File sistem linux

#7 Dari Segi Perlakuan Huruf (Case Sensitiv)

Windows tidak bersifat case sensitive itu artinya windows tidak memandang perbedaan antara huruf kapital dan huruf biasa.

Linux bersifat case sensitive dimana huruf besar dan kecil akan dianggap berbeda, ini berlaku untuk disemua environment,mulai dari nama file hingga perintah linux.

#8 Dari Segi Format Aplikasi

Windows dan linux mempunyai file installer yang berbeda jadi jangan harap program kesayangan kamu di windows bisa berjalan di Linux ataupun sebaliknya. Untuk format file executable/aplikasi biasa ber-extensi acm, .ax, .cpl, .dll, .drv, .efi, .exe, .mui, .ocx, .scr, .sys, .tsp

Sedangkan linux punya format file sendiri dengan extensi yang berbeda pula dengan windows, misalnya untuk format package aplikasi linux distro debian diberi extensi *.deb, distro redhat menggunakan extensi *.rpm

#9 Dari Segi Dukungan Hardware

Bisa dipastikan hardware apapun akan bisa dipasang di windows, mulai dari yang paling lama hingga yang paling baru sekalipun tanpa masalah. Ini disebabkan karena pembuat hardware membidik pengguna windows sehingga drivernya sudah disiapkan bersama produknya.

Berbeda dengan linux yang lebih berfokus pada penggunaan untuk server, untuk perangkat terbaru mungkin akan ada masalah kompatibilitas dimana driver nya belum dibuat. Ini dikarenakan pembuat hardware tidak membuat driver untuk linux sehingga mengandalkan komunitas untuk membuat drivernya.

Tapi jangan kuatir, sekarang komunitas linux sudah besar dan vendor perangkat keras juga sudah sadar untuk membuat driver untuk linux di produk yang mereka jual.

#10 Dari Segi Cara Install Aplikasi

Untuk menginstall aplikasi di windows kamu harus mendownload manual dari penyedia aplikasi tersebut dan menginstall nya secara manual lalu mengaktivasi nya jika aplikasi tersebut berlisensi.

Walau sekarang windows sudah punya repository(microsoft store) namun tetap saja belum optimal digunakan seperti di linux.

Di linux untuk mencari, download, install dan update aplikasi semua bisa dilakukan melalui aplikasi package manager dengan sekali klik. Package manager ini cara kerjanya sama dengan google play store yang ada di android (android kan emang linux).

Tidak diperlukan pengetahuan teknis seperti di windows hanya untuk menginstall sebuah aplikasi, intinya install aplikasi di linux lebih mudah dibannding windows.

#11 Dari Segi Customisasi

Windows hadir dalam satu paket satu kesatuan, komponennya tidak bisa dibongkar pasang, kamu hanya bisa pakai saja tanpa bisa membongkar untuk mengurangi atau merubah komponen sistem operasi.

Berbeda dengan linux yang semua komponen nya bisa kamu bongkar pasang, kamu bisa menggantinya dengan komponen berbeda yang fungsinya sama. Dengan memasang komponen yang diperlukan saja linux bisa dipasang di perangkat kecil seperi embeded device dan IoT yang punya resource terbatas.

Sebagai contoh, Desktop environment linux bisa kamu ganti-ganti untuk mendapatkan performa dan tampilan desktop sesuai dengan yang kamu inginkan.

  • XFCE dan LXDE adalah desktop environment paling ringan dan cocok untuk digunakan di komputer dengan spek rendah
  • KDE, Cinnamon, Mate, Unity adalah desktop enironment linux dengan tampilan yang sangat cantik, tapi tentu saja memakan resouce agak banyak.

#12 Dari Segi Kemudahan

Windows dikemas menjadi produk yang siap pakai untuk semua kalangan, itu artinya dari yang tidak kenal komputerpun akan bisa menggunakan windows.

Dilain sisi linux didesain untuk kalangan programmer dan developer sehingga untuk bisa menggunakan linux seseorang harus belajar libih keras, ITU DULU.

Sekarang linux sudah ada versi desktop nya yang didesain sama mudahnya dengan windows, kamu tidak perlu belajar hal teknis jika ingin menggunakan linux hanya untuk mengerjakan pekerjaan kantor.

#13 Dari Segi Komunitas dan Dokumentasi

Windows merupakan sistem operasi dengan sumber tertutup yang hanya sedikit mempublish dokumentasi teknis untuk sistem operasinya. Hal ini sangat menyulitkan developer saat ingin mengembangkan aplikasi yang harus berinteraksi dengan windows.

Komunitas windows hanyalah sekedar komunitas user yang berkonsultasi kepada pihak developer wondows (support), tidak ada yang special.

Beda dengan komunitas linux yang cakupan nya lebih luas, mulai dari komunitas pengguna, pengembang, hobbies, ahli keamanan yang kesemuanya bekerja sama memberi feedback untuk mengembangkan sistem operasi yang lebih baik setiap harinya.

Dokumentasi linux juga sangat lengkap sehingga sangat memudahkan pengembang dalam membuat dan mengembangkan aplikasi yang nantinya akan berjalan di linux.

KESIMPULAN

Windows merupakan sistem operasi yang didesain untuk digunakan oleh sejuta umat sehingga tampilan nya jauh lebih cantik dan mudah digunakan.

Berbeda dengan windows yang didesain untuk membuat server sehingga hanya mengandalkan tampilan yang flexible yaitu console.

Walau sekarang telah muncul linux desktop tapi kedua aplikasi ini tetaplah punya perbedaan yang mencolok mulai dari lisensi, keamanan, struktur file, ketahanan serta penggunaan nya.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

3 pemikiran pada “13 Perbedaan Linux dan Windows Dari Berbagai Sisi”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.