Belajar Membuat Server Sendiri Menggunakan Linux

Linux memang banyak digunakan untuk server termasuk server dari website belajarlinux.org dan bagian ini di khususkan bagi kamu yang ingin membangun server sendiri menggunakan Linux.

Membangun server menggunakan linux harus di sesuai kan dengan kebutuhan, misalnya kamu ingin membuat database server, active directory, web server, proxy,ftp server, data cloud, monitoring server dan sebagainya. Jadi artikel disini akan saya pecah kedalam beberapa topik linux server jadi kamu bisa membaca dan mengikutinya tanpa harus berurutan.

 

Keahlian yang Dibutuhkan

Tentu kamu harus sudah bisa mengoperasikan sistem operasi linux karena bagian ini untuk pengguna menengah jadi kamu juga harus sudah terbiasa dengan perintah-perintah linux selain itu kamu harus sudah memahami pengaturan jaringan di router karena ini karena ini akan saling keterkaitan sewaktu kamu membangun sebuah server.

Niat untuk belajar adalah hal yang terpenting dan artikel disini akan menuntun mu untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang handal dalam bidang linux server.

 

Perlengkapan

Bagi kamu yang ingin belajar membangun server menggunakan linux kamu bisa mempersiapkan perangkat yang di butuhkan:

  • Fisik Server atau Virtual Private Server
  • Router untuk yang murah meriah saya menyarankan kamu menggunakan router mikrotik.
  • Jauh lebih memudahkan kalau kamu sudah mempunyai jaringan lab sendiri.

 

Biaya Membuat Linux Server

Tentu harus ada biaya yang harus kamu investasikan untuk membuat linux server khususnya kalau kamu mau membuat server yang sebenarnya dan biaya tersebut meliputi pembelian:

  • Komputer Server
  • Sistem Operasi Server
  • Lokasi Penyimpanan Server / Data Center
  • Rak Server
  • Biaya Listrik bulanan karena server yang hidup 24 jam
  • Virtualisasi jika ingin menggunakan virtualisasi

 

Pengin Belajar Membuat Server Linux Murah? VPS jawaban nya

Karena biaya yang dibutuhkan untuk membuat server sendiri sangatlah mahal,maka perusahaan IT berinisiatif untuk membuat server besar dan memecahnya kedalam server dengan resource yang lebih kecil (secara logical menggunakan virtualisasi/hypervisor) untuk disewakan kepada orang yang memerlukan server dengan harga yang sangat murah sehingga semua orang bisa mempunyai server di internet.Server yang disewakan adalah server virtual atau yang lebih dikenal dengan VPS (Virtual Private Server).Kamu bisa memanfaatkan  Virtual Private Server atau sering di sebut VPS untuk menekan biaya pembuatan server.

Apa itu VPS?

Server yang bersifat virtual maksudnya adalah server ini tidak berbentuk fisik tetapi berbentuk virtual dengan memanfaatkan teknologi Hypervisor untuk memecah/membagi resource server fisik menjadi beberapa server virtual(Virtual Machine) dengan spec yang lebih kecil(Virtual Hardware).

Dalam 1 server fisik dengan resource/spec besar bisa dipecah manjadi  beberapa server virtual dengan spec yang lebih kecil yang memiliki fungsi dan fitur yang sama seperti layaknya komputer fisik biasa,seperti ilustrasi dibawah ini

Struktur Virtualisasi

Dengan uang Rp.100ribu -Rp200ribu kamu sudah bisa menyewa dan memiliki sebuah server VPS yang nantinya bisa kamu install linux dan bisa gunakan sebagai linux server

Kamu juga bisa memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang baik di lab kampus,kantor atau di rumah untuk dijadikan media belajar membuat server linux.Tapi jika kamu ingin membuat server yang onlline 24jam dan bisa diakses menggunakan internet dengan biaya murah maka VPS menjadi pilihan terbaik.

 

Data Center

Server pada umumnya disimpan di sebuah fasilitas/tempat yang disebut dengan Data Center, di dalam data center sudah di lengkapi dengan kelistrikan yang stabil tidak pernah mati, sistem pendingin ruangan atau AC dan jaringan internet yang stabil karena server harus bisa diakses 24 jam non-stop dan tidak boleh mati.

Pihak data center menyediakan layanan sewa server fisik dan sewa rack space yang sangat diperlukan oleh perusahaan yang ingin membuat server backup (disaster recovery),colocation atau bahkan server utama.Jadi kamu tinggal pilih mau sewa server fisik atau nitip server fisikmu biar hidup dan dirawat di data center dengan fasilitas yang terjamin aman dan nyaman :D.

Besar biaya penyewaan bergantung pada layanan yang disediakan oleh pihak pengelola data center seperti IP public,kecepatan internet ,Daya Listrik,Lisensi server manager dll yang nantinya akan dipakai oleh server yang kamu miliki.

Jika kamu mempunyai komputer fisik di data center (baik sewa/punya sendiri),kamu bisa mengisntall hypervisor pada server fisik tersebut dan menjadikan nya VPS dan bisa kamu jual ^_^.

Sistem Operasi Linux Server

Distro linux telah menyediakan versi linux khusus untuk server,saat kamu mendownload file ISO linux akan ada pilihan versi untuk Desktop/Workstatsion atau Server, kamu bisa memilih untuk mendownload yang versi server.

Enterprise

Sistem Operasi Enterpise maksudnya adalah versi berbayar dari linux server dan saat ini yang paling banyak digunakan adalah linux dari perusahaan RedHat dan Suse. Linux Enterprise mempunyai support yang panjang atas sistem operasi tersebut dan mempunyai partner konsultan IT untuk mengatasi solusi teknis.

Jadi kamu perlu menyisihkan budget di IT untuk membeli sistem operasi linux yang enterprise tetapi itu semua sebanding kok antara biaya dan service yang bakal kamu dapatkan.

Community

Sistem operasi yang satu ini maksudnya adalah opensource dan gratis untuk di download dan digunakan, perbedaanya dengan versi enterprise sudah jelas versi ini tidak mempunyai support yang panjang atas sistem operasi dan tidak mempunyai partner konsultan khusus untuk mengatasi solusi teknis. Jadi semua dilakukan sendi oleh kamu dari instalasi, maintenance dan upgrade.

 

Pada pembahasan belajar linux server ini,kita akan menggunakan linux server versi community (Community Edition) sebagai sistem operasi nya.Membuat server sendiri dengan linux itu mudah dan saya akan mengajarkan semua proses secara detail ke kamu.

 

 

 

Instalasi Linux Untuk Server

Cara dan proses penginstallan sistem operasi linux bergantung pada jenis server yang kamu gunakan (VPS atau Komputer fisik),jadi saya akan menjabarkan proses instalasinya sesuai kebutuhan kamu maka pilihlah salah satu proses instalasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Instalasi VPS

Instalasi Server

Instalasi Virtualisasi

  • Membuat Virtualisasi Server
  • Cloud OpenStack

 

Linux Proxy Server

  • Membuat Proxy Server Menggunakan SQUID

 

Linux Server Monitoring

  • Memonitor jaringan dengan NAGIOS
  • Memonitor perangkat dengan CACTI

Linux Web Server

  • Membuat Webserver menggunakan Apache
  • membuat Webserver menggunakan NGINX

 

Linux Database Server

  • Membuat Database Server menggunakan Database MySQL
  • Membuat Database Server menggunakan Database PostgreeSQL

 

Membuat Linux Data Cloud Server

  • Membuat File Server dengan SAMBA
  • Membuat data cloud seperti google drive menggunakan OwnCloud
  • Membuat FTP Server

 

Membuat Server VOIP 

  • Server VOIP menggunakan Elastix

 

Membuat Linux Mail Server 

  • Membuat Mail Server menggunakan Zimbra

 

DNS Server di Linux

  • Memanage DNS menggunakan BIND

 

 

Penutup