Cara Membuat SERVER Kantor Untuk Pemula Dari NOL

Ingin Tau Cara Membuat Server Kantor Sendiri ?
DISINI TEMPATNYA

Disini adalah tempat yang pas untuk kamu yang sedang belajar linux Server dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan membuat Server Kantor sendiri.


Artikel  akan disusun rapih agar lebih mudah dalam menuntun mu belajar membuat  server  sendiri.

Artikel ini serius dan lengkap jadi baca dengan runtut agar kamu yang belum tau sama sekali tentang server linux menjadi tau 100%


Artikel ini akan sedikit panjang jadi bookmarklah halaman ini supaya kamu lebih mudah saat ingin melanjutkan belajar nanti,jika kamu ingin belajar serius bacalah secara berurutan sampai habis,saya jamin kamu akan bisa membuat Server sendiri setelah membaca artikel ini.

Persiapan Membuat Server Kantor Sendiri

Untuk bisa membuat server sendiri kamu harus sudah terbiasa mengoperasikan sistem operasi linux karena bagian ini untuk pengguna menengah jadi kamu juga harus sudah terbiasa dengan perintah linux selain itu kamu harus sudah memahami sistem linux dan pengaturan jaringan di router karena ini karena ini akan saling keterkaitan sewaktu kamu membangun sebuah server.

Skill Reko​​​​mendasi

- Sudah Lulus Kelas Belajar Linux Untuk Pemula
- Sudah Akrab Dengan Istilah Penting Linux
- Mahir Menggunakan Perintah Linux
- Memahami Dasar-dasar Jaringan dan Sistem Operasi komputer

Hardware Rekomendasi

Jika kamu serius  membangun server untuk kantor atau perusahaan baiknya kamu membeli komputer fisik yang khusus dirancang dan dibuat untuk server yang notabane nya akan hidup 24jam nonstop.Saya tidak menyarankan untuk merakit komputer sendiri dan digunakan untuk server karena tidak akan berjalan stabil.

Saya menyarankan untuk membeli komputer server bermerek(branded) seperti HP,DELL,LENOVO,SuperMicro,FUJITSU dan merek lain nya,walau harganya mahal tapi setimpal dengan performa yang ditawarkan.Sebenarnya gak mahal juga kalau diitung-itung karena komponen komputer server memang mahal karena didesain khusus untuk berjalan 24jam tanpa henti.

Niat dan passion 

Niat dan antusiasme yang kuat untuk belajar adalah modal terpenting yang harus kamu miliki saat belajar linux server ini, saya membuat artikel ini untuk menuntun kamu untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang handal dimulai dari belajar membuat server VPS Linux.

Menjadikan Server Fisik Kantormu
Server Virtual (VPS)

Disini kamu akan menjadikan server fisik agar bisa diinstall banyak sistem operasi didalam nya dengan teknologi virtualisasi,tujuannya adalah agar resource server fisikmu bisa dimanfaatkan dengan optimal dan efisien.Mudahnya gini akan sayang sekali jika kamu punya server dengan spek tinggi hanya diinstall satu sistem operasi(misalnya windows server xxx) yang pastinya resource servermu tidak akan digunakan 100%.

Virtualisasi Server Degan Hypervisor

Secara teknis kamu akan menginstall hypervisor di server fisikmu untuk membuat server hosting VPS (Virtual private server) agar komputer servermu bisa diinstall banyak sistem operasi  supaya resource servermu bisa dimanfaatkan dengan optimal dan efisien serta mempermudah dalam mengelola server dalam bentuk virtual (VPS).

Kamu bisa menggunakan distro Linux hypervisor seperti ProxmoX ataupun OpenStack (keduanya gratis dan opensource) tersedia juga lisensi enterprise jika kamu ingin membuat server untuk digunakan di production server perusahaan.

Dengan menggunakan ProxmoX ,server fisik dengan resource/spec besar bisa dipecah manjadi  beberapa server virtual dengan spec yang lebih kecil yang memiliki fungsi dan fitur yang sama seperti layaknya komputer fisik biasa,seperti ilustrasi dibawah ini.

vps hosting


Kamu juga bisa memanfaatkan komputer biasa  seperti laptop,pc ataupun komputer server kantor dengan spesifikasi yang baik di lab kampus,kantor atau di rumah untuk dijadikan media belajar linux saat membuat  VPS server linux.Tapi jika kamu ingin membuat server yang online 24jam dan bisa diakses menggunakan internet dengan biaya murah maka sewa VPS menjadi pilihan terbaik.

Menitipkan komputer servermu di datacenter menjadi pilihan cerdas jika kamu ingin membuat server VPS dengan tingkat uptime hingga 99.99% untuk menunjang projek ataupun bisnismu yang mengharuskan server online 24/7 dan tidak boleh down.

Kenapa Menggunakan Teknologi Virtualisasi untuk Server?

Cara membuat server dengan virtualisasi sudah menjadi standar industri sekarang ini,karena dengan teknologi ini memberikan banyak kemudahan dan keamanan saat kamu membuat server sendiri.Kamu tidak perlu kuatir karena teknologi virtualisasi sudah menjadi standar teknologi yang digunakan oleh semua server di internet.inilah beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan teknologi virtualisasi saat kamu membuat server :

  • Hemat Duit
    jaman dulu perusahaan menjalankan satu aplikasi server di satu server fisik,jika server ini rusak/down maka perlu waktu lama untuk memperbaikinya dan berefek pada kinerja perusahaan,disamping itu menginstall satu aplikasi server di satu mesin hanya memakan 10-15% resource komputer server tersebut.Dengan teknologi virtualisasi kamu bisa mengubah satu server fisik  menjadi server yang multi tasking dengan menginstall beberapa aplikasi server didalam nya [1 server fisik,banyak server didalam nya] sehingga kamu tidak perlu beli server fisik baru hanya untuk menginstall satu server.
  • Hemat energy
    Perusahaan menghabiskan banyak uang untuk membayar listrik server yang sebenarnya tidak benar-benar digunakan.Teknologi virtualisasi dapat mengurangi jumlah server fisik yang digunakan dalam suatu perusahaan sehingga mengurangi biaya listrik juga.
  • Hemat Waktu
    Dengan jumlah server fisik yang lebih sedikit,kamu akan lebih cepat saat melakukan maintenance fisik server.Selain itu kamu akan lebih cepat dalam melakukan proses backup,restore ataupun recovery.dibandingkan membuat server fisik untuk setiap aplikasi server(service),membuat server dalam bentuk virtual machine ataupun container jauh lebih cepat dan mudah.
  • Flexible
    Teknologi virtualisasi menawarkan kemudahan dalam segala hal,termasuk migrasi dari satu server ke server lain secara copy paste file,scale up atau scale down infrastruktur server juga lebih mudah tanpa perlu mematikan server.
  • Lebih Aman
    Bisa kamu bayangkan jika server fisikmu kena hack dari luar tanpa menggunakan virtualisasi? kamu bakal perlu mematikan server fisikmu dan menjalankannya di jaringan lokal saja dan butuh waktu lama untuk memperbaikinya, dengan teklogi virtualisasi kamu tidak usa kuatir server fisikmu kena hack,karena yang akan menghadap ke user/public hanya virtual mesin yang bisa kamu restore dengan sekali klik jika skenario terburuknya kena hack dalam hitungan menit server mu akan normal seperti semula.


Satu Server Fisik Banyak Sistem Operasi

Seperti yang saya terapkan di tempat saya bekerja, satu server fisik HP proliant ML350p terinstall 6 sistem operasi, dan RAM nya belum terpakai sampai separonya dan masih bisa diinstall sistem operasi lagi jika saya memerlukan server tambahan tanpa saya harus membeli server fisik.Seperti terlihat digambar dibawah ini

membuat server kantor dengan proxmox

101 Cara Mendapatkan Server Untuk Kantormu

Untuk membuat server kantor kamu tidak harus membuat nya dari nol,ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan server kantor baik server lokal (server berada di kantor/on site) atau server remote (server berada di luat kantor/data center)

Penentuan server lokal atau remote harus dipertimbangkan dengan kebutuhan dan sumberdaya manusia yang ada,dimana jika menggunakan server lokal(on site) harus ada ahli IT untuk maintennance hardware dan software,sedangkan untuk server remote hanya perlu ahli dalam bidang software tanpa perlu memikirkan perawatan hardware.

  • Membuat Premises Server (Local server) ---- Server Fisik Lokal
    Ini merupakan jenis server yang berada di dalam perusahaan yang bisa langsung dimanfaatkan menggunakan jaringan lokal kantor,untuk membaut server kantor jenis ini kamu harus punya server fisiknya.Dikantor ku saya menggunakan HP Proliant ML350p,Rainer dan lenovo think server.
    Di tutorial ini saya akan menulis cara membaut server kantor berjenis premises/lokal dan saya jadikan server virtual dengan teknologi hypervisor agar kamu bisa menginstall lebih dari satu server di dalam satu server fisik agar resource server dapat dimanfaatkan dengan optimal dan efisien. 

    Jenis Server ini ribet karena semua harus kamu konfigurasi sendiri dari nol dan perlu skill ini itu untuk bisa membuatnya serta memerlukan biaya investasi hardware yang mahal untuk keperluan sekala besar .
  • Sewa Bare Metal Server (Remote Server) -- Server Fisik di Data Center
    Jika kamu punya projek membuat server dengan spek hardware tertentu yang tidak bisa kamu dapatkan di sewa server virtual (VPS dan cloud computing) maka kamu bisa menyewa server fisik yang ada di datacenter atau istilahnya Bare Metal,ingat server ini kosong melompong dan kamu harus install dari nol layaknya komputer lokal.
    Hebatnya layanan Baremetal adalah  kamu bisa memanage server yang ada di datacenter dari manapun menggunakan remote,mulai dari menyalakan dan mematikan server, setting BIOS hingga install sistem operasi.Walau dengan remote kamu bisa melakukan interaksi fisik ke servermu secara remot . WAW AMAZINGG!!

  • Sewa VPS Server (Remote Server)  -- Server Virtual
    Jika kamu pengin punya server sendiri dengan biaya murah,sewa VPS jawaban nya.
    Membuat server kantor dengan sewa VPS jauh lebih simple,karena kamu tidak perlu ngurus setup hardware dan bisa langsung pilih dan install sistem operasi linux server yang kamu kehendaki dari VPS web panel, tingal klik langsung beres!! OS linux server terinstall.

    Pilihan ini sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang sedang TA/Skripsi dimana diharuskan punya server online sendiri  untuk mendukung projeknya,dengan sewa VPS kamu sudah punya server sendiri dengan harga terjangkau.

    Kekurangan VPS adalah kamu membayar sesaui dengan fix spec yang telah kamu pilih,jika kurang spec nya kamu harus upgrade tapi jika spek yang kamu order tidak terpakai tagihan mu juga tidak akan berkurang,berbeda dengan cloud computing yang menyediakan resource tidak terbatas dan membuat tagihan sesuai dengan resource  yang kamu pakai.
  • Sewa Cloud Computing (Remote Server)  -- Server virtual
    Jika kamu punya proyek yang memerlukan resource besar tapi ingin kemudahan (tidak mau membuat server dari nol ) serta efisiensi biaya sewa server,maka cloud computing menjadi pilihan tepat untuk proyek mu. Tidak seperti VPS yang mengalokasikan fix spec, cloud computing menawarkan flexsibel dalam urusan pemakaian resource,dimana kamu hanya membayar sejumlah resource yang kamu gunakan jadi tidak ada istilah resource terbuang sia-sia seperti saat kamu menggunakan VPS. Sebagai contoh perusahaan besar e-commerce seperti tokopedia,bukalapak menggunakan cloud computing untuk webservernya selain alasan efisiensi biaya dengan cloud computing servermu mudah untuk di rescale(fleksibel).

    Cloud computing merupakan pilihan paling tepat untuk proyek besar, karena cloud computing menyediakan spec yang tidak terbatas dan tagihan dibuat berdasar pemakaian resource sehingga pengeluaran biaya untuk sewa server menjadi jauh lebih efisien dibanding VPS.

Taukah kamu?
Apa itu Data Center

Server fisik atau VPS Server pada umumnya disimpan di sebuah fasilitas/tempat yang disebut dengan Data Center, di dalam data center sudah di lengkapi dengan kelistrikan yang stabil tidak pernah mati, sistem pendingin ruangan atau AC dan jaringan internet yang stabil karena server harus bisa diakses 24 jam non-stop dan tidak boleh mati.

Pihak data center menyediakan layanan sewa server fisik dan sewa rack space yang sangat diperlukan oleh perusahaan yang ingin membuat server backup (disaster recovery),colocation atau bahkan server utama.Jadi kamu tinggal pilih mau sewa server fisik atau nitip server fisikmu biar hidup dan dirawat di data center dengan fasilitas yang terjamin aman dan nyaman :D.

google data center


Besar biaya penyewaan bergantung pada layanan yang disediakan oleh pihak pengelola data center seperti IP public,kecepatan internet ,Daya Listrik,Lisensi server manager dll yang nantinya akan dipakai oleh server yang kamu miliki.

Mau Punya Server MUDAH dan MURAH?
Sewa VPS atau Cloud Computing Saja

Sebenarnya kamu tidak harus membuat server sendiri dengan susah payah jika kamu memerlukan server linux yang online 24 jam dengan koneksi internet,kamu bisa langsung sewa VPS atau Cloud computing sebagai solusi mudah dan murah untuk kebutuhan servermu.

Panduan Cepat dan Mudah Membuat Server Linux dengan sewa Virtual Server (VPS)

A

Cara Membuat Server Kantor Lokal
 Menggunakan ProxmoX

Pada bab ini kamu akan dibimbing bagaimana mengolah laptop,PC ataupun komputer server kantor menjadi sebuah VPS server dengan sistem operasi linux.Semua jenis komputer  bisa jadikan sebagai VPS server ,namun kembali ke kapasitas dari komputer itu sendiri karena yang membedakan komputer satu dengan yang lain adalah kekuatan komputasi (spek komputer).
Jadi disini kamu akan dipandu cara menginstall sistem operasi linux hypervisor di laptop,PC ataupun komputer server kantor untuk dijadikan VPS server dengan sistem operasi linux.

PERINGATAN!!

 

Cara membuat server kantor sendiri dengan komputer fisik (bukan sewa VPS) memerlukan persiapan setup dan komposisi hardware yang matang.Jika kamu ingin memilih komponen komputer untuk dijadikan server kantor baiknya kamu tau spek hardware komputer yang akan kamu gunakan.Pemilihan komposisi hardware yang kurang tepat akan berimbas pada stabilitas dan performa server linux fisik mu.Bahkan saat kamu membeli komputer branded yang desain untuk server pun kamu harus tau kebutuhan spek komputer yang akan kamu gunakan untuk membuat projek server mu.

Memang terdengar rumit saat kamu ingin membuat/membangun server fisik sendiri,namun beginilah realitanya harus dipertimbangkan dulu kebutuhan spek komputer agar server kantor mu bisa berjalan dan beroperasi secara optimal,ingat komputer server itu MAHAL!! jadi jangan sampai salah beli.

Agar kamu bisa memanfaatkan potensi komputer servermu dengan maksimal maka kamu harus menggunakan hypervisor type1 atau bare metal hypervisor seperti KVM, Xen, Hyper-V, dan ESXi.


bare metal hypervisor

Mungkin kamu telah mendengar OpenStack ataupun ProxmoX saat kamu belajar server linux,keduanya adalah server virtualization management solution yang biasa digunakan untuk membuat server VPS dengan mengimplementasikan teknologi hypervisor didalam nya.


Saya telah menggunakan ProxmoX VE untuk server kantor tempat saya bekerja dan tidak ada kendala,jadi kamu juga akan menggunakan ProxmoX VE sebagai nyawa server VPS mu.

  • Cara Membuat Server VPS Kantor dengan Proxmox VE
  • Cara Update Proxmox VE
  • Cara Upgrade proxmox VE versi 4.x ke 5.x

B

Lebih Mudah Membuat Server ​Kantor
Dengan Sewa VPS

Membuat server dari nol menggunakan server fisik bukanlah  satu-satunya cara membuat server untuk kantor,organisasi ataupun untuk dirimu sendiri.

Seperti yang telah disinggung sebelum nya, memilih VPS untuk membuat server kantor merupakan pilihan dan solusi cerdas jika kamu ingin kemudahan dan fleksibelitas,dimana dengan menggunakan VPS kamu hanya fokus pada sistem operasi dan aplikasi server yang kamu gunakan,kamu tidak perlu memikirkan pemeliharaan dan perbaikan server fisik.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Virtual Private Server (VPS) untuk membangun server mu :

  1. Murah dan Mudah - dibanding membeli server,sewa VPS jauh lebih murah dan kamu tidak usa memikirkan perawatan hardware dan system.
  2. Fleksibel - Jika kamu memerlukan tambahan resource kamu bisa upgrade sewaktu-waktu,untuk install aplikasi juga tinggal klik dari vps admin panel.
  3. Fitur Backup Data - untuk menjamin keamanan datamu biasanya fitur backup sudah termasuk pada paket vps yang kamu pilih.
  4. Stabil - server vps dijamin berjalan dengan stabil,dengan catatan kamu tidak menginstall aplikasi server diluar kemampuan server.
  5. Akses root - kamu memegang kendali 100% akan sistem operasi yang kamu gunakan,jadi kamu bisa membuat apapun dengan server VPS mu.

Kamu bisa megatur dan melakukan setup mulai dari mematikan ,menghidupkan,restart VPS hingga menginstall sistem operasi di VPS melalui web interface layaknya saat kamu mengelola webhosting menggunakan CPANEL,bedanya saat memanage VPS kamu tidak menggunakan CPANEL.

VPS Cocok Untuk Projek Kecil dan Menengah (pelajar,mahasiswa & personal)

Bagi kamu pelajar,mahasiswa ataupun perseorangan ,VPS menjadi pilihan tepat untuk mempunyai server linux sendiri dengan akses root dengan harga yang terjangkau.VPS ini bisa kamu gunakan untuk mengerjakan projek seperti tugas akhir,skripsi ataupun projek lain untuk kebutuhan bisnis mu.


> Panduan Cepat dan Mudah Membuat Server Linux dengan sewa Virtual Server (VPS)

C

Sekarang Jaman nya Cloud Computing
Untuk Membuat Server Enterprise

jangan terpaku pada cara membaut server secara tradisional dimana kamu harus punya server fisik,buatlah server yang disesuaikan dengan kebutuhan mu.

Cloud Computing menjadi solusi paling tepat jika servermu digunakan untuk penunjang dan menjalankan bisnis,karena server dengan teknologi cloud computing menjamin uptime 100% (server tidak akan pernah mati dan gagal).


Pada Cloud hosting (Cloud VPS & Cloud Webhosting),server mu berjalan di lebih dari satu komputer server fisik(grup server/cloud),jadi jika salah satu server fisik mati/error tidak akan membuat webhosting/VPS mu mati.

cloud hosting

Pada sistem cloud computing sumberdaya sistem komputer (resource),terutama penyimpanan data dan daya komputasi disediakan oleh sistem secara otomatis sesaui dengan kebutuhan sistem yang pengguna buat tanpa manajemen aktif langsung dari pengguna.Di sistem public cloud computing sumberdaya server yang berada di berbagai tempat (ada di berbagai belahan bumi) saling terhubung membentuk cloud dan menyediakan resourcenya menjadi satu kesatuan sistem yang nantinya akan digunakan oleh banyak pengguna melalui internet.


Saat menggunakan cloud computing,kamu tidak perlu melakukan setup yang rumit karena cloud computing menawarkan service yang sudah jadi dan tinggal kamu pakai tanpa harus setup server secara manual tidak seperti saat kamu menggunakan VPS ataupun membuat premises server yang mewajibkan kamu untuk setting sendiri.


CLoud VPS

Walau dengan spek yang sama layanan cloud VPS akan lebih mahal karena cloud VPS berjalan di grup server fisik yang akan menjamin server VPS mu tidak akan pernah down/mati.Selain itu cloud VPS menawarkan layanan pay as you go sesuai kebutuhan mu.

Cloud Webhosting

Sama seperti layanan webhosting pada umumnya cloud webhosting berjalan di grup server yang akan menjamin websitemu tidak akan pernah mati/down.Pada layanan cloud webhosting juga disediakan fitur tambahan yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan dengna model pay as you go.


Pay as You Go 

Pada layanan public cloud computing seperti Amazon Web Services(AWS) mereka menerapkan sistem tagihan yang dihitung berdasar layanan yang kamu gunakan tanpa memerlukan kontrak yang rumit.Model tagihan ini sama seperti saat kamu membayar tagihan listrik,air ataupun gas.Kamu hanya membayar layanan yang kamu gunakan,setelah layanan tersebut tidak kamu gunakan maka tidak ada tagihan atau biaya tambahan.


Dunia Industri Butuh Skill Linux mu

Mulailah belajar VPS & Cloud Computing !!

Sekarang sudah jaman nya cloud computing untuk menjamin kecepatan , kesetabilan dan ketersediaan sistem penunjang bisnis perusahaan.Dengan sistem cloud computing mustahil suatu layanan down/mati (kecuali major event seperti bencana alam),ini karena ada banyak resource server yang saling bekerja sama menjadi satu kesatuan membentuk cloud,jika salah satu mati/down yang lain masih ada dan aplikasi mu tetap berjalan.


Pada perusahaan besar yang menggunakan premises server (server lokal) sudah menerapkan prinsip cloud computing untuk menjamin stabilitas sistem penunjang bisnis mereka,karena cloud computing sekarang sudah tidak mengenal jarak,perusahaan tinggal menyewa FO link untuk menghubungkan antar server yang ada di anak perusahaan untuk membentuk private cloud computing services.

PENUTUP

Membuat server kantor sendiri dari nol  bukan satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mempunyai server yang online 24jam.


Di zaman modern ini semua serba mudah dan murah, begitu juga soal urusan server sekarang semua orang bisa mempunyai server linux sendiri dengan biaya yang sangat murah dengan cara sewa VPS dari VPS hosting provider. VPS sangat cocok sebagai sarana belajar linux server ataupun untuk kebutuhan projek dengan kebutuhan komputasi tidak begitu besar.


Untuk kebutuhan projek besar yang memerlukan komputasi besar cloud computing menjadi pilihan tepat dizaman modern ini,dimana biaya sewa yang dibebankan sesuai dengan penggunaan resource sehingga sangat efisien dalam hal biaya.


Semoga tutorial cara membuat server sendiri ini bermanfaat bagimu,dan tetap semangat belajar agar menjadi pribadi yang handal dibidang linux server.


4 thoughts on “Cara Membuat SERVER Kantor Untuk Pemula Dari NOL”

    • gak jujurnya disebelah mana?

      saya sudah cukup fair menjelaskan beberapa langkah yang bisa diambil jika anda ingin membuat server untuk kantor.
      tinggal pilih server on site atau server offsite

      SAYA PERSINGKAT POINT NYA:

      jika ingin server on site harus membeli hardware server sendiri (minimal Rp30jt) dan harus mengkonfigurasi sendiri,semisal menggunakan proxmox sebagai hypervisor agar bisa 1 server fisik bisa dibuat beberapa server virtual agar hemat biaya.

      tapi jika ingin server yang offsite maka ada beberapa pilihan yang semuanya juga perlu biaya.

      1.Menyewa VPS (ini yang paling mudah dan murah)
      2.Menaruh hardware server anda di data center
      3.Menyewa hardware server yang ada di data center

      apa salahnya saya menyarankan untuk sewa VPS jika yang diinginkan adalah server yang paling murah.

      jika ingin membangun dari nol (beli hardware),juga sudah saya jelaskan.

      Terimakasih ^_^

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.