Cara Setting File Sharing dari Linux ke Windows atau Sebaliknya

Cara Setting File Sharing Dari Linux Mint

Dengan linux mint kamu juga bisa share file folder bahkan printer yang bisa dibuka menggunakan windows ataupun linux,caranya sangat mudah untuk bisa sharing file menggunakan linux mint.

  1. Klik kanan pada folder yang ingin disharing > pilih sharing option
    cara file sharing dengan linux
  2. Jika linux mint mu minta untuk menginstall “samba” maka klik install
    menginstall samba agar bisa menggunakan file sharing
    Tapi jika penginstallan gagal maka kamu bisa menginstallan nya menggunakan software manager caranya Mennu >software manager>ketikan “samba” pada kotak pencarian dan tenter > ¬†install aplikasi samba yang ditemukan.
    cara install samba untuk fitur file sharing dengan software manager
    Setelah samba berhasil diinstall,close dan lakukan langkah nomer 1 ,seharusnya linux mint sudah tidak meminta install samba lagi.
  3. centang pada share this folder dan Guest access agar orang yang mbuka sharingan mu tidak perlu memasukan password > klik create share
    cara  sharing folder menggunakan linux mint
  4. ikon folder yang dishare akan berubah,dan untuk menghentikan atau stop sharing kamu bisa klik kanan pada folder lalu pilih sharing option seperti langkah nomer 1.
    menghenntikan atau stop file sharing pada linux
    buang centang “share this folder” dan klik “Modify share”

Cara Membuka File Sharing Windows dengan Linux Mint

walau menggunakan linux kamu tetap bisa membuka file sharing yang berasal dari windows ataupun linux,caranya cukup mudah
cara membuka sharingan file dari windows menggunakan linux

  1. Buka file manager “nemo”,klik menu >pilih files (icon folder)
  2. Rubah tampilan addressbar menjadi text dengan klik tanda panah bengkok ke bawah kiri[3]> ketikan smb:// diikuti dengan ip dari komputer yang ingin dibuka share nya contoh smb://192.168.100.18/ [4] >tekan enter
  3. Jika sharingan yang kamu akses pakai password maka kamu masukan user dan passwordnya tetapi jika sharingan tidak dipassword kok tetep minta password kamu isikan username dan password dengan anonymouse [6]>lalu klik connect
  4. Setelah berhasil konek atua membuka folder sharingan maka pada panel kiri bawah kategori network akan terlihat folder,untuk selanjutnya sampai restart ,kamu bisa mengakes folder sharingan tadi langsung dari sana tanpa perlu mengetikan manual IP.
  5. Utuk melepaskan folder /unmount kamu bisa klik tanda panah keatas pada folder di sub kategori network [8]

KESIMPULAN

Linux ataupun windows sekarang bisa saling bertukar file menggunakan fitur file sharing layaknya yang dilakukan saat kamu menggunakan sistem operasi windows.

6 thoughts on “Cara Setting File Sharing dari Linux ke Windows atau Sebaliknya”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.