Cara Mengganti Hostname dan IP Linux Ubuntu Server 18.04 LTS

Saat kamu membuat server linux sendiri ,terkadang kamu perlu untuk mengganti hostname (nama server linux mu) ataupun mengganti IP static servermu.

Dulu saat kamu ingin mengganti hostname server linux ubuntu cukup mengedit file /etc/hosts dan untuk mengganti IP kamu mengedit file /etc/network/interfaces.

Pada linux ubuntu server 18.4 LTS ini kamu harus meninggalkan kebiasaan lama dan menggunakan cara baru untuk mengganti hostname server ubuntu ataupun mengganti IP linux server ubuntu 18.4 mu.

Cara Mengganti Hostname Linux Ubuntu Server 18.04 LTS

Untuk mengubah hostname linux ubuntu 18.04 telah dipermudah,kamu tidak perlu mengedit file /etc/host secara manual.kamu cukup menggunakan perintah $ hostname untuk menampilkan hostname linux mu saat ini dan gunakan perintah $ sudo hostnamectl set-hostname HOSTNAMEBARU

Cara Setting IP Linux Ubuntu Server 18.04 LTS

Untuk mengganti IP(static/dhcp) pada ubuntu server 18.04 agak sedikit berbeda dimana kamu harus membuat/mengedit file dalam formal *.yaml dan penulisan nya harus dengan format yang benar (indent berpengaruh).

Ketahui dulu nama interface yang akan diset/diganti ip nya

sebelum kamu mengganti atau mengeset IP linux ,kamu harus tau network interface mana yang akan kamu ganti/setting IP nya.
Cukup gunakan perintah $ ifconfig untuk melihat nama interface yang akan kamu ganti IP nya.

melihat network interface ubuntu 18.04

Setting IP Ubuntu 18.04 dengan membuat file 01-netcfg.yaml

Untuk setting ip di ubuntu 18.04 kamu harus mengedit file 01-netcfg.yaml yang berada di /etc/netplan/,jika belum kamu bisa membuat dan mengeditnya dengan perintah $ sudo nano /etc/netplan/01-netcfg.yaml lalu kopi paste template dibawah ini untuk kamu rubah isinya sesuai kebutuhan mu.

network:
  version: 2
  renderer: networkd
  ethernets:
    ens18:
     dhcp4: no
     addresses: [192.168.2.6/28]
     gateway4: 192.168.2.1
     nameservers:
       addresses: [192.168.2.1,8.8.4.4]

Ingat indent atau tab sangat berpengaruh disini,kamu tidak bisa meratakan nya sesuka hati,jadi editlah dibagian yang perlu saja,seperti nama interface,ip gateway dan dns nya. gunakan ctrl+x lalu ketik y lalu enter untuk menyimpan.

Untuk penerapan kamu perlu merestart networking service,caranya cukup mudah cukup ketikan perintah $ sudo netplan --debug apply ,kamu akan melihat debug prosesnya,jika terjadi error kamu akan bisa membacanya.

setting ip static dan dhcp ubuntu server 18.04

KESIMPULAN

Mengganti hostname dan ip di linux ubuntu 18.04 menggunakan terminal mungkin akan membuatmu kerepotan saat pertamakali,karena caranya berbeda dari versi linux sebelum nya. Namun perubahan cara baru merubah hostname dan ip di ubuntu 18.04 jauh lebih mudah dan simple dari cara sebelum nya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.