Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Mint

Menjalankan Aplikasi Windows di Linux dengan WineHQ

WineHQ atau yang populer disebut “wine” merupakan akronim dari “Wine Is Not an Emulator”, sesuai namanya wine bukanlah windows emulator/virtual mesin .

Wine mampu menjalankan aplikasi windows di dalam sistem operasi lain seperti linux,macos dan BSD (unix),wine bekerja dengan cara yang berbeda dibanding virtual machine,ketika kamu menjalankan aplikasi dengan wine maka aplikasi akan tampil di layar dan tampak seperti aplikasi linux pada umumnya (lebih praktis dan simple)

Tidak Semua Aplikasi Windows Bisa Berjalan di Linux

Agar aplikasi windows bisa berjalan di linux maka diperlukan library yang akan diinstall didalam wine directory,library ini seperti .net framework,c++ runtime library font dan lain sebagainya.

Walau aplikasi windows bisa dijalankan di linux,namun tidak semua aplikasi bisa berjalan sempurna di linux.Wine dibuat bukan dengan tujuan untuk mensupport semua aplikasi windows,namun wine dibuat untuk mengcover kebutuhan aplikasi windows saat menggunakan atau migrasi ke linux.

Saya menggunakan wine untuk menjalankan aplikasi kecil dan portable untuk bekerja seperti VNC ,Winbox,aplikasi CCTV yang notabane nya memang belum ada aplikasi pengganti untuk aplikasi windows tersebut.

Cara Install dan Setting WineHQ

WineHQ tidak memerlukan settingan khusus agar kamu bisa menginstall dan menjalankan aplikasi windows di linux.Cukup install aplikasi wineHQ menggunakan software manager seperti biasa dan secara otomatis aplikasi windows dengan format *.exe *.msi atau format executable lain nya.
cara menginstall dan menjalankan aplikasi windows di linux

  1. Buka software manager. Menu >software manager
  2. Masukan kata kunci “wine” pada kolom pencarian >setelah ketemu install dengan mengeklik tombol install.
  3. Wine siap digunakan,tinggal coba eksekusi file aplikasi windows dengan klik2x.

 

Hati-Hati!!,Virus Windows Juga Bisa Berjalan di Linux

Kamu perlu berhati-hati ketika menjalankan aplikasi windows di linux mengunakan wineHQ,karena jika aplikasi windows yang kamu jalankan di linux ternyata virus atau terinfeksi virus/malware maka virus juga akan berjalan di linux, jadi berhati-hatilah.

File System Linux Tidak Rusak– Jika kamu tak sengaja menjalankan malware/virus windows di linux jangan kuatir karena virus tak akan mampu masuk apa lagi merusak file system.

Virus hanya mampu mengakses home directory dan mount device – Virus hanya mampu memanipulasi atau merusah directory dan file yang bisa kamu akses (read write),biasanya ada di /home/namausermu atau pada drive yang dimount.

Restart untuk menghentikan Virus- Cukup dengan merestart linux mu maka virus/malware yang berjalan dilinuxmu akan mati.Tidak usa kuatir virus berjalan otomatis seperti di windows karena virus tidak akan mampu menempatkan dirinya di startup system.

Nah sudah tau kan,kalau linux itu tidak kebal malware/virus hanyasaja linux mempunyai pengaturah hak akses file yang ketat sebagai benteng pertahanan sehingga file system tidak mudah dijebol malware/virus.Walau demikian kamu tetap perlu berhati-hati ketika menjalankan aplikasi windows di linux.

 

8 thoughts on “Cara Install dan Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Mint”

    • jawaban nya adalah tidak bisa karena environment linux dan windows berbeda.

      ini seperti kamu ingin piara ikan di dalem rumah, kamu gak bisa langsung naro ikan begitu saja tentu kamu perlu memasukan nya ke dalam aquarium atau wadah yang berisi air.

      sama aja dengan linux dan windows,aplikasinya windows dibuat untuk windows kamu gak bisa langsung menjalankanya di linux begitu saja tanpa menyedikan aquarium (WIne atau VM)

      Reply
    • di dalem kernel linux sudah lengkap drivernya, jadi gak perlu instal2 driver lagi .

      driver sudah disediakan di dalam linux nya dan kamu gak perlu install driver secara manual

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.