Cara Download Install Upgrade Aplikasi dan Driver Linux Secara Offline

Mengengal Software Repository (repo)

Linux merupakan sebuah komunitas opensource,secara tidak langsung komunitas linux telah menyepakati server dilokasi tertentu yang akan  digunakan sebagai tempat meletakan aplikasi/package yang nantinya sebagai pusat update untuk semua pengguna linux distro tertentu,server ini dikenal juga dengan server mirror repository yang berada menyebar di setiap negara.

Server repository ada disetiap negara(mirror server repository) dengan tujuan untuk mempercepat/mengoptimalkan kecepatan download saat update untuk user di negara tersebut.

Pada linux mint,kamu bisa memilih server repository dan menyortirnya dan memilihnya berdasarkan kecepatan tertinggi agar proses update berjalan lebih cepat.

Kenapa harus download di official server repository?

Perlu kamu ketahui,walau linux dirancang dengan keamanan yang ketat agar tidak mudah ditembus namun yang menjadi ancaman terbesar pengguna linux adalah user linux itu sendiri yang tidak tau apa-apa akan keamanan (pengguna awam) yang dengan mudah ditipu hacker agar menginstall aplikasi yang telah terinfeksi malware pada mesin linux nya (ilmu social engineering).Jadi software repository dibuat dengan tujuan antara lain :

1.Menjamin kemurnian package/aplikasi yang ada di server (bebas malware)
2.Mudah mengikuti update suatu package karena terpusat
3.Server repository biasanya ada di setiap negara,jadi download juga lebih cepat

inti yang paling utama adalah kemurnian package/aplikasi lebih terjamin (bebas malware) dibanding kamu download package di webiste yang gak jelas reputasinya.

kamu tidak usah pusing,karena list server software reppository sudah disertakan pada package installasi linux mint, dan kamu bisa memilihnya saat kamu menggunakan aplikasi package manager.
linux mint mirror server software repository

 

Cara Download Aplikasi dan Driver Linux Mint

Untuk memudahkan kamu saat mencari dan mendownload package (aplikasi dan driver linux) baiknya kamu menggunakan aplikasi synaptic package manager.

    1. Cari dan buka aplikasi synaptic package manager dari menu launch
      buka synaptic package manager
    2. Setelah aplikasi terbuka ketik nama aplikasi/driver yang akan dicari >tekan enter >centang pada package yang kamu akan download (yang penting dimark,mark install /mark reinstall tidak masalah)
      mencari aplikasi driver linux
    3. Setelah dimark klik menu File > generate package download script
      download aplikasi driver linux mint
    4. Secara default lokasi penyimpanan berada di /root,untuk memudahkan kamu ubah lokasinya ke home directory user kamu ‘/home/usermu/directory’ > beri nama dengan extensi *.sh >lalu klik save
      menyimpan download script
    5. Setelah script kamu simpan buka terminal dah navigasi ke directory dimana kamu menyimpan script tadi contoh: cd /home/belajarlinux/Downloads> eksekusi script tadi dengan perintah ./namascript contoh: ./chrome.sh
      download aplikasi linux offline
    6. Setelah download selesai maka akan ada 2 file dengan extensi *.deb yang siap kamu kopi ke flashdisk untuk diinstall di komputer lain.
      download aplikasi dan driver linux offline

Saat kamu ingin mendownload package,terkadang package tersebut memerlukan package lain agar bisa berjalan (dependency package) tinggal kamu pilih yes supaya saat kamu menginstall secara offline di komputer lain bisa berjalan mulus

 

Cara Install Aplikasi dan Driver Linux Mint secara Offline

Untuk menginstall package (aplikasi dan driver) linux secara offline kamu juga baiknya menggunakan synaptic package manager. Package yang berupa aplikasi atau driver linux bisa kamu kopi ke flashdisk/hdd external atau share network,jadikan satu folder karena synaptic akan menginstall semua package yang berada di satu folder tanpa kamu perlu memilihnya.

  1. Buka aplikasi synaptic package manager
    buka synaptic package manager
  2. Masuk ke menu File >pilih ‘Add downloaded packages’
    car ainstall aplikasi linux secara offline
  3. Masuk ke directory dimana kamu menyimpan hasil download package yang ingin kamu install secara offline > package gak usah dipilih langsung saja klik open,maka secara otomatis semua package yang ada di folder tersebut akan terpilih.
    install aplikasi dan driver linux mint offline
  4. Akan ada kotak konfirmasi summary package apa saja yang akan terinstall > klik apply untuk memulai proses penginstallan.
    proses install aplikasi linux secara offline

KESIMPULAN

Mudah- Kamu bisa mendownload dan menginstall package (aplikasi dan driver) linux secara offline dengan sangat mudah menggunakan bantuan aplikasi synaptic package manager (untuk pengguna distro ubuntu family).

Bebas Malware– Untuk menjamin kebersihan dan keamanan package yang kamu download dari infeksi malware,baiknya kamu tidak mendownload aplikasi linux si sembarang tempat,saya menyarankan untuk mendownload package dari official software repository menggunakan bantuan aplikasi synaptic package manager.

Upgrade/Update– Kamu bisa menggunakan cara yang sama untuk mengupdate suatu package(aplikasi dan driver)linux,jika package yang akan kamu install versinya  lebih tinggi maka otomatis akan terupdate/upgrade.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.