Tutorial Cara install Proprietary Driver VGA Ubuntu Linux Mint

Kenapa pilih Linux versi LTS (Long Term Support)?

Singkatnya linux distro mempunyai 2 jenis release, yaitu versi LTS (long term support) dan versi Latest ,2 janis release ini  dibuat dengan tujuan yang berbeda.Versi LTS merupakan versi stable/stabil/matang sedangkan versi latest merupakan versi pengembangan dan tidak stabil.

Versi LTS (long term  support)/Versi linux jangka panjang- Didesain agar versi linux ini bisa berjalan 5 tahun tanpa harus melakukan upgrade kernel, versi ini sangat cocok digunakan untuk server,instansi/kantor dan perseorangan yang menginginkan linux yang stabil.

Versi Latest (versi terbaru/kekinian) -Merupakan versi linux yang terus diupdate hampir setiap minggu dan menjanjikan fitur-fitur baru,walau demikian versi linux ini kurang stabil karena semua fitur baru masih dalam tahap uji coba (bukan produk final).

JIka kamu menggunakan linux dan memerlukan resource VGA/graphic card seperti untuk editing/gaming saya menyarankan untuk menggunakan linux versi LTS karena proprietary driver (driver dari vendor dengan source tertutup) biasanya hanya dibuat untuk linux versi LTS dan  yang paling penting versi linux LTS tidak rewel.

Tutorial ini bisa kamu gunakan pada linux selain Ubuntu LTS dan semua distro linux dengan sedikit improvisasi,hanya saja proprietary driver hanya dibuat untuk linux LTS dan mempunyai tingkat kesuksesan yang besar dibanding linux latest version.

Apa itu Proprietary Driver?

Singkatnya ada 2 jenis software (termasuk driver) yaitu opensource dan proprietary.Pada aplikasi opensiurce semua source code(resep/bahan mentah) disebarluaskan dan semua orang boleh mengembangkan software tersebut sedangkan software proprietary bersifat tertutup dimana source code tidak disebarluaskan dan hanya dipegang oleh si pembuat/perusahaan/organisasi dan hanya menyebarkan/mendistribusikan software yang sudah jadi (uda digoreng/matang).

Proprietary Driver- dapat diartikan driver yang dibuat,dikembangkan dan didistribusikan oleh vendor hardware tersebut secara khusus.Biasanya proprietary driver memberikan performa yang lebih unggul dibandingkan dengan opensource driver,oleh  karena itu semua orang ingin menginstall proprietary driver untuk VGA nya agar performa dapat digenjot secara maksimal.

Teknologi VGA PC vs LAPTOP

Tidak seperti PC yang menggunakan daya PLN,laptop dilengkapi dengan baterai dan memerlukan teknologi khusus dalam menggunakan resource GPU/VGA agar hemat daya(tidak boros).Secara umum laptop yang menggunakan dual GPU (intel dan NVIDIA atau intel dan AMD) telah dilengkapi dengan teknologi switchable GPU,dimana kamu bisa memilih GPU mana yang akan diaktifkan dan digunakan.Sebagai contoh jika untuk penggunaan biasa kamu pilih intel GPU untuk menghemat daya,namun jika kamu membuka aplikasi yang memerlukan resource GPU (edit video,render,main game.dsb) kamu bisa mengaktifkan descreate GPU (AMD/NVIDIA).

 

Install Proprietary Driver VGA NVIDIA Linux

Kamu bisa dengan mudah menginstall driver VGA  NVIDIA pada linux mint dengan cara yang sangat mudah dan cara ini bisa kamu gunakan untuk menginstall driver VGA Linux di laptop ataupun PC.

Install Proprietary Driver VGA  NVIDIA Linux Mint

Pastikan kamu telah menilih server mirror repository terdekat dan tercepat agar proses update dan download tidak lemot,settingan ini bisa kamu cek pada proses installasi linux mint [langkah nomer 19].

  1. Buka system setting>driver manager
    driver manager linux mint
  2. Pilih nvidia driver dengan label recommended dan klik apply changes > restart komputer
    install nvidia driver linux mint
  3. Jika kamu menggunakan  laptop maka kamu bisa membuka nvidia xserver setting untuk memilih intel GPU atau NVIDIA GPU
    mengaktifkan GPU NVIDIA INTEL linux mint
  4. Cukup log out dan login lagi untuk mengaktifkan GPU yang telah kamu pilih sebelum nya, gak perlu restart

Install Proprietary Driver VGA  NVIDIA Ubuntu Linux

  1. Buka aplikasi Software & Update
    software update ubuntu
  2. Pilih tab Ubuntu Software >centang seperti gambar > download from pilih server lokal terdekat dan tercepat (indonesia)
    setting ubuntu mirror server repository
  3. Pindah ke tab Additional Drivers dan tunggu hingga proses selesai
    install driver nvidia vga ubuntu linux
  4. Pilih GPU driver dengan keterangan proprietary lebih bagus lagi ada label tester > klik apply changes >restart komputer setelah selesai install driver

Untuk pengguna laptop dengan teknologi Optimus NVIDIA kamu bisa mengaktifkan/memilih GPU yang kamu inginkan sesuai kebutuhan caranya:

  1.  Buka aplikasi NVIDIA X server Settings > Pada PRIME Profiles kamu bisa memilih VGA INTEL atau NVIDIA,cukup logout dan login kembali untuk mengaktifkan GPU yang kamu mau.
    mengaktifkan nvidia gpu ubuntu linux
  2. Kamu juga bisa melihat statistik penggunaan GPU menggunakan aplikasi NVIDIA X server Settings atau dengan perintah $ watch nvidia-smi pada terminal linux

cek status nvidia gpu via terminal

 

Install Proprietary Driver VGA  AMD/ATI Ubuntu Linux Mint

Tidak seperti driver NVIDIA yang cukup mudah diinstall melalui GUI,proses penginstallan proprietary driver AMD/ATI agak sedikit ribet (tapi tidak sulit) cukup ikuti langkah demi langkah berikut ini.

Download dan Extract Driver VGA AMD/ATI

  1. Cek tipe dan model VGA AMD yang kamu miliki dengan perintah $ lspci -k | grep -A 2 -E "(VGA|3D)"  ,tapi jika kamu sudah tau tipe dan model VGA AMD yang kamu pakai maka tidak perlu menggunakan perintah linux diatas.
    perintah cek jenis tipe vga linux
    terdapat keterangan driver yang sedang dipakai pada ‘Kernel driver in use:
  2.  Download driver di official website (http://support.amd.com/en-us/download) yang sesuai dengan model VGA AMD mu dan linux distro(linux mint=ubuntu)
    cari driver VGA AMD untuk linux
  3. Download driver VGA AMD yang dibuat untuk Ubuntu (biasanya versi LTS)
    download driver vga AMD LTS ubuntu linux
  4. Extract driver vga AMD yang baru kamu download dengan perintah $ tar -Jxvf nama_file_downloadan_mu.tar.xz ,biasanya namanya amdgpu-pro-17.50-NNNNNN.tar.xz dinama NNNNNNN adalah seri driver.
  5. Masuk ke directory driver yang telah kamu extract dengan perintah $ cd amdgpu-pro-17.50-NNNNNN ,NNNNNNdiganti sesuai dengan nama folder driver mu cek dengan perintah $ ls -la untuk melihat list dorectory

INSTALL Driver VGA AMD/ATI

Setelah driver telah didonload dan di extract dan kamu sudah ada di folder driver tersebut maka lakukan prosedur dibawah ini untuk melakukan installasi driver vga AMD/ATI di Ubuntu Linux Mint.

  1. eksekusi installer driver AMD dengan perintah $ ./amdgpu-install lalu ikuti instruksi yang muncul
  2. setelah proses installasi selesai reboot komputer dengan perintah $ reboot

Test Performa GPU/VGA AMD/ATI

Setelah kamu menginstall driver VGA AMD di linux mu kamu bisa mengecek versi dan status driver VGA AMD yang terinstall di sistem dengan perintah $ dpkg -l amdgpu-pro
cek versi driver amd yang terinstall di linux

Cek driver/module VGA AMD yang digunakan dengan perintah $ lspci -k | grep -A 2 -E "(VGA|3D)" perintah cek jenis tipe vga linux

Test VGA yang digunakan dan performa render 3D menggunakan perintah $ glxgears -info

UNINSTALL Driver VGA AMD/ATI

untuk menghapus driver AMD/ATI yang telah kamu install cukup dengan perintah $ sudo amdgpu-pro-uninstall lalu reboot komputer untuk penerapan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.