Cara Screenshot di Ubuntu Tanpa Harus Install Aplikasi Tambahan

Ubuntu menyediakan aplikasi bawaan bernama screenshot sehingga kita bisa melakukan proses screenshot dengan mudah tanpa harus mengisntall aplikasi tambahan.

Apa yang dibahas artikel ini?

Sebagai aplikasi bawaan yang digunakan untuk melakukan screenshot di linux ubuntu, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk melakukan screen recording. Tapi perlu di ingat karena ini aplikasi bawaan jadi hanya untuk digunakan proses secreenshot dan video sederhana saja, tidak ada fitur tambahan untuk proses pengeditan.


1# Cara Screenshot di Ubuntu
Menggunakan Aplikasi Screenshot

Cara Membuka Aplikasi Screenshot

Pilih menu Activities yang lokasinya berada di pojok kiri paling atas.

(Ilustrasi Menu Activities)

Pada kotak pencarian kamu bisa ketikan screenshot maka secara otomatis komputer akan memunculkan hasil pencarian, lalu kamu klik pada aplikasi screenshot.

Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot

(Ilustrasi Gambar Aplikasi Screenshot Ubuntu)

Setelah aplikasi screenshot muncul kita bisa gunakan segera, aplikasi ini sangat sederhana oleh karena itu aplikasi screenshot ini juga mudah untuk di pelajari.

Cara Screenshot Ubuntu - Seluruh Layar

Kita bisa mengambil screenshot seluruh layar dengan mudah, pada aplikasi ada Take Screenshot lalu pilih ceklist Grab the whole screen setelah itu tekan tombol hijau besar diatas yang bertuliskan Take Screenshot seperti gambar di bawah.

(Ilustrasi cara screenshot seluruh layar)

Seketika layar akan berkedip untuk mengambil gambar dan biasanya ada suara seperti jepretan foto. Lalu muncul jendela baru yang menampilkan hasil screenshot, kamu bisa simpan ke folder dengan cara menekan tombol hijau atau kamu bisa tekan tombol Copy to Clipboard kalau mau di copy paste ke aplikasi image editor seperti GIMP atau sejenisnya.

(Ilustrasi cara simpan hasil screenshot)

Cara Screenshot Ubuntu - Window Active

Misalnya kita lagi membuka aplikasi tertentu lalu kita mau hanya aplikasi tersebut yang di screenshot maka kita bisa gunakan fitur screenshot window. Caranya cukup mudah pada aplikasi screenshot kamu hanya perlu beri ceklis di Grab the Current Window.

(Ilustrasi screenshot per window)

Setelah itu kamu bisa tekan Tombol Hijau di atasnya untuk pengambilan gambarnya, window active akan berkedip dan gambar siap untuk di simpan atau hanya di copy to clipboard (Lihat ilustrasi sebelumnya cara simpan hasil screenshot).

Cara Screenshot - Area Tertentu

Terkadang kita mau mengambil screenshot pada area tertentu contohnya seperti yang saya lakukan sewaktu mengambil gambar activities (Lihat ilustrasi menu activities).

Cara screenshot pada area tertentu di linux menggunakan aplikasi screenshot cukup mudah, kamu hanya perlu memilih centang Select area to grab.

(Ilustrasi screenshot area tertentu)

Tekan bomtol hijau untuk melakukan pengambilan gambar lalu pilih area yang ingin kamu ambil.

Setelah pengambilan area maka akan muncul window hasil screenshot seperti setelah itu kamu bisa simpan atau copy to clipboard (Lihat ilustrasi cara simpan hasil screenshot).


2# Cara Screenshot Pakai Shortcut

Cara lain yang bisa di lakukan untuk melakukan proses screenshot di Ubuntu adalah dengan menekan tombol shortcut pada keyboard. Kamu tidak perlu install aplikasi tambahan karena ini juga merupakan fitur yang sudah tersedia di ubuntu.

INGAT!!! Jika kita menggunakan shortcut semua hasil screenshot akan tersimpan di dalam folder Pictures, maka jangan heran jika setelah menekan tombol shortcut tidak terjadi apa-apa.

Screenshoot Screen

(Ilustrasi ubuntu shortcut screenshot screen)

Ini adalah hal yang paling mudah sekali untuk di lakukan kamu hanya perlu menekan tombol Prt Scrn (Print Screen) di keyboard. Setelah itu layar monitor akan berkedip dan ada suara jepret foto

Ingat semua hasil screenshot langsung tersimpan di folder Pictures.

Screenshot Window

(Ilustrasi ubuntu shortcut screenshot window)

Tekan tombol kombinasi keybard Alt + Prt Scrn layar window akan berkedip dan suara jepret foto.

Seperti biasa hasil screenshot ada di folder Pictures jadi silakan cek hasilnya disana

Screenshot Area

(Ilustrasi ubuntu shortcut screenshot area)

Tekan tombol kombinasi keyboard Shift + Prt Scrn maka seketika mouse akan berubah kursor lalu kamu bisa pilih area yang akan di tangkap gambarnya.

Setelah proses area dipilih maka area tersebut akan berkedip lalu ada suara jepret foto artinya proses screenshot berhasil.

Seperti biasa hasil dari screenshot langsung tersimpan di folder Pictures.

Kesimpulan

Kamu bisa melakukan proses screenshot hanya dengan membuka aplikasi atau menggunakan shortcut tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Memang fitur yang di hasilkan sangat sederhana tidak ada fitur editan setelah gambar di tangkap, kalau kamu butuh fitur tambahan seperti itu kamu bisa install software tambahan.

Silakan cek daftar aplikasi screenshot linux di artikel belajarlinux.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.