Cara Mencari Proses Penggunaan RAM yang besar di Linux

Dalam kasus tertentu kita butuh mencari apa yang meyebabkan RAM kita habis oleh karena itu kita perlu mencari proses atau aplikasi apa yang meyebabkan RAM dalam server kita habis.

Kamu bisa gunakan perintah berikut:

#ps aux 

Fungsinya seperti task manager pada windows kita bisa melihat user siapa yang menjalankan aplikasi nama aplikasi dan parameternya apa lalu berapa banyak RAM yang digunakan oleh proses itu.

Tetapi terkadang output yang di hasilkan tidak sesuai artinya kamu bakal masih bingung mencari dan mengurutkan mana pengguna ram yang paling besar, jadi saya akan kasih tau trik biar kamu bisa mencari proses mana yang menghabiskan RAM di server.

Kita masih pakai perintah yang sama tetapi kali ini di kasih paramter.

#ps aux --sort -rss 

Setelah perintah tersebut di jalankan maka akan memunculkan semua hasil proses yang sudah di urutkan dari pengguna RAM yang paling besar ke yang paling kecil.

Proses dengan RAM besar muncul paling atas

Jadi dengan demikian kamu sudah bisa melihat proses yang paling banyak memakan RAM adalah proses yang paling urutan pertama.

Selamat Mencoba.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Bergabung Komunitas Kami?

Isi formulir ini segera!

Total member kita sudah 1,106 orang, segera Gabung!

About Hary

Saya suka ngoprek hal baru, bekerja sebagai web developer untuk membuat website atau aplikasi web. Saya juga suka dengan dunia Internet Marketing dan Blogging.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.