Perintah Linux Untuk Menampilkan,Mengelola dan Mematikan Proses di Linux

saat kamu mengelola server linux atau hanya ingin sekedar belajar perintah linux untuk mengelola process dari aplikasi yang berjalan maka kamu bisa menggunakan referensi ini untuk mengelola process linux menggunakan terminal.

Ada 4 perintah linux umum yang bisa kamu gunakan untuk mengelola process yang berjalan di linux yaitu ps, kill , top.dan nice

Menampilkan Proses di Linux Dengan  Perintah ps

Dengan menggunakan perintah ps kamu bisa menampilkan informasi tentang process aplikasi yang sedang berjalan di linux,untuk melihat opsi yang disediakan oleh ps kamu bisa menggunakan perintah $ ps --help all

Informasi process yang bisa kamu dapat dari perintah ps antara lain User yang menjalankan aplikasi,processID,waktu process dijalankan,path/lokasi file fisik dari aplikasi yang sedang berjalan dan lain-lain.

Untuk melihat semua process yang berjalan di linux kamu bisa menggunakan perintah $ ps -aux |more ,more digunakan untuk menampilkan output se layar,dan jika tidak muat maka kamu bisa menggunakan spasi /tombol panah untuk menggulung.

cara menampilkan process yang berjalan pada linux

Cara Membaca informasi output Perintah PS di Linux

Pada contoh hasil diatas saya menggunakan perintah $ ps -f --pid $(pgrep -u masarie) untuk melihat process  yang dijalankan oleh user masarie di linux, berbagai macam informasi akan muncul yang menjelaskan informasi process yang sedang dijalankan oleh user masarie,adapun cara membaca informasi process aplikasi yang berjalan dari hasil output perintah ps bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • UID : Nama user yang menjalankan process tersebut
  • PID : Process ID untuk process tersebut
  • PPID : Parent Process ID yang merupakan process induk dari process anakan (child process)
  • C : Presentase penggunaan CPU oleh process yang berjalan
  • STIME : Waktu/jam dimulainya process tersebut
  • TTY : Menunjukan process terkoneksi ke terminal console TTY(TeleTypeWriter)
  • STAT : Menjelaskan kode status/kondisi dari proses tersebut
    • Kode Status Process di Linux
      D
      uninterruptible sleep (biasanya IO)
      R proses sedang berjalan/dapat dijalankan (saat masuk queue/antrian)
      S sleep dan sedang menunggu event selesai
      T Diberhentikan oleh job kontrol
      Z Zombi process karena tidak diberhentikan oleh induk process
      < proses dengan prioritas tinggi
      N proses dengan prioritas rendah
      L process telah dikunci dalam memory untuk process realtime dan custom IO
      s Session leader
      l Multi threaded menggunakan CLONE_THREAD, seperti yang dilakukan oleh NPTL pthreads
      + group untuk proses yang ada tampilan nya dan bisa dilihat user,bukan background process.
  • TIME : Waktu yang diperlukan oleh CPU untuk memproses perintah/command/aplikasi tersebut.
  • CMD : Perintah/aplikasi yang dijalankan lengkap dengan opsi dan argumen nya.

Jika kamu ingin mencari informasi proses tertentu di linux kamu bisa menggunakan perintah ps dan menggunakan filter pengolah text di linux grep seperti contoh perintah  $ ps -aux |grep -i "chrome"

cara mencari informasi process yang berjalan di linux

Mematikan Proses di Linux Dengan Perintah kill dan pkill

perintah ps hanya bisa digunakan untuk melihat informasi dari proses yang sedang berjalan di linux, jika kamu ingin mematikan /stop/kill process di linux kamu bisa menggunakan perintah kill dan pkill.

selalu gunakan opsi –help untuk melihat opsi/parameter yang disediakan oleh setiap perintah linux yang akan kamu gunakan $ kill --help atau $ pkill --help.

Process Signal- Kamu bisa mematikan proses linux  dengan mengirimkan berbagai macam signal saat menggunakan perintah kill atau pkill ,setiap signal yang dikirim ke process akan memberikan efek yang berbeda terhadap process tersebut. Untuk melihat signal yang tersedia kamu bisa menggunakan perintah $ kill -l
daftar list signal process yang tersedia untuk mengontrol process yang berjalan

Mematikan Proses Linux  berdasar Nama Process dan PID

Kamu bisa mematikan proses di linux dengan mengirim signal proses dari 1 – 64 saat  menggunakan perintah pkill (bukan kill).

Nama process bisa kamu lihat menggunakan perintah ps pada bagian colom CMD ,nama process biasanya adalah nama dari file aplikasi yang dijalankan,jadi lihat saja pada akhir path dan sebelum argumen.

cara mencari nama process di linuxPerintah pidof digunakan untuk melihat PID dari process,pada contoh diatas saya hanya memastikan saja bahwa nama proses yang saya tebak telah benar.

Contoh:
Untuk menghentikan proses aplikasi ‘gimp’ kamu bisa mengirimkan signal  menggunakan nama process dengan perintah $ sudo  pkill -9 gimp-2.8 atau $ sudo  pkill -SIGKILL gimp-2.8 dan jika kamu ingin menghentikan semua process (berikut anakan/child process) kamu bisa gunakan perintah $ sudo killall gimp-2.8

Jika kamu ingin menghentikan process aplikasi ‘gimp’ menggunakan PID kamu bisa gunakan perintah  $ sudo kill -9 13187 atau $ sudo kill -SIGKILL 13187 atau bisa juga dengan perintah $ sudo kill -9 $(pidof gimp-2.8)

Mematikan dan Mengatur Prioritas Process  di linux dengan perintah TOP

Jika kamu ingin kemudahan dalam mengelola process yang berjalan di linux server,kamu bisa menggunakan perintah top atau htop yang merupakan versi baru dari top.

gunakan perintah $ sudo top atau $ sudo htop untuk melihat process yang sedang berjalan di linux, dari aplikasi ini kamu bisa melihat informasi penggunaan cpu dan processor oleh process.Tekan tombol H pada keyboad untuk menampilkan menu help,tekan esc untuk keluar dari menu help.

Pada menu help tersedia berbagai fungsi yang bisa diakses dengan menekan tombol tertentu, jika disitu tertulis huruf kapital maka untuk mengaksesnya kamu harus menyalakan caps lock atau bisa dengan kombinasi tombol shift+huruf.

cara menggunakan perintah top untuk mengelola process di linux

Contoh:
saya akan mencari dan menutup/kill process aplikasi gimp menggunakan perintah top
untuk mencari process kamu tekan tombol shift+L (jika caps mu gak nyala) lalu ketikan nama ‘gimp’ setelah ketemu gulung hingga gimp berada di paling atas(agar PID nya otomatis kebaca) > lalu tekan tombol k jika PID process gimp nya sudah sesuai sebagai default maka tekan enter saja > masukan angka 9 (signal SIGKILL) lalu enter >  maka aplikasi gimp akan ngeclose setelah dikirim signal 9(SIGKILL)

Cara Mengeset Prioritas Process pada Linux Menggunakan Perintah nice dan renice

Saat kamu mengelola linux server maka kamu perlu memilah dan memilih serta memprioritaskan process dari aplikasi dari yang paling penting.Mengatur prioritas untuk sebuah process berimbas besar pada performa process tersebut,dimana process dengan prioritas tertinggi akan lebih didahulukan dalam hal penggunaan resource komputer dan lain nya.

Linux membaca dan mengontrol prioritas dari sebuah process menggunakan sebuah angka yang disebut niceness.Nilai nice berkisar mulai -20 hingga 20,semakin besar nilainya maka semakin rendah prioritasnya.

Saat kamu menjalankan perintah top maka ada kolom NI,dimana NI adalah nilai dari niceness,kebanyakan bernilai 0 yang merupakan nilai tengah/netral,semakin kecil nilainya(minus) semakin tinggi prioritasnya.

Untuk menjalankan aplikasi/command dengan nilai nicness tertentu kamu bisa menggunakan perintah $ nice -n 10 perintah_untuk__dijalankan, anka 10 bisa kamu ganti dari -20 (prioritas tertinggi) hingga 20(prioritas terendah).

Untuk mengubah prioritas process yang telah berjalan kamu bisa menggunakan perintah $ sudo renice 0 PID_process , angka 0 bisa kamu ganti dari -20 (prioritas tertinggi) hingga 20(prioritas terendah).

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.