Cara Aktifkan Highlight Syntax Text Nano

Disini kita akan belajar caranya Highliht Syntax atau Penyorotan Sintaks di aplikasi nano, sehinga layar editor nano tidak lagi hitam putih tetapi ada warnanya dan bikin enak untuk di lihat mata dan lebih mudah untuk melakukan perubahan.

Apa itu Highlight Syntax Text Nano?

Adalah proses pewarnaan setiap teks sesuai dengan format yang ada, jika belum di hilight syntax biasanya layar akan memunculkan tulisan hitam putih saja. Bagi beberapa orang mungkin hal ini cukup tetapi bagi yang lainya mereka lebih menyukai jika tulisanya berwarna sehingga enak di lihat dan mudah sekali di baca.

Berikut adalah gambar dari aplikasi nano tanpa hilight sintak, coba kamu perhatikan gambarnya hany memunculkan tulisan dengan layar hitam putih.

Sedangkan aplikasi nano yang sudah mengaktifkan highlight syntax akan menampilan layar dengan penuh warna dan mudah enak sekali untuk dibaca oleh mata kita.

Sekang coba bandingkan aplikasi nano yang belum mengaktifkan highlight syntax dengan aplikasi nano yang sama juga tetapi sudah di aktifkan atau enable highlight syntax. Saya yakin kamu lebih suka melihat gambar ke-2 dimana highlight syntax sudah di aktifkan.

Cara Mengaktifkan Highlight Syntax Teks Nano

Aplikasi nano sebenarnya sudah menyediakan file syntax highlight untuk beberapa bahasa pemrogramman dan script. Semua file tersebut di simpan di folder /usr/share/nano

[email protected]:~$ ls /usr/share/nano/
asm.nanorc     fortran.nanorc   man.nanorc     ocaml.nanorc
awk.nanorc     gentoo.nanorc    mgp.nanorc     patch.nanorc
c.nanorc       groff.nanorc     mutt.nanorc    perl.nanorc
cmake.nanorc   html.nanorc      nano-menu.xpm  php.nanorc
css.nanorc     java.nanorc      nanorc.nanorc  pov.nanorc
debian.nanorc  makefile.nanorc  objc.nanorc    python.nanorc
ruby.nanorc    sh.nanorc        tcl.nanorc     tex.nanorc

Untuk mengaktifkan highlight syntax kamu cukup perlu menghubungkan semua file tersebut kedalam file konfigurasi nano dengan cara menambah tulisan include /usr/share/nano/*.nanorc baris terakhir file konfigurasi nano.

Kamu bisa masukan ke dalam konfigurasi nano per user atau konfigurasi nano global.

Konfigurasi Nano Global

Tambahkan tulisan include /usr/share/nano/*.nanorc pada baris terakhir file /etc/nanorc

Konfigurasi Nano per User

Tambahkan tulisan include /usr/share/nano/*.nanorc pada baris terakhir file ~/.nanorc

Perbedaan Konfigurasi

Jika kamu merubah pada file global nano maka semua user pada komputer artinya kamu akan mengaktifkan highlight syntax untuk semua user, jadi kalau kamu punya 2 user di kmputer tersebut maka secara otomatis highlight syntax akan di aktifkan untuk 2 user tersebut.

Sedangkan konfigurasi peruser hanya mengaktifkan highlight syntax pada user tersebut.

Saran saya bagusnya untuk global jadi pada saat kamu nanti login sebagai root maka root sudah otomatis highlight syntax aktif.

Meningkatkan Highlight Syntax Nano

Hilight Syntax bawaan nano kurang lengkap masih ada beberapa yang belum bisa di cover misalnya file .conf padahal file ini banyak sekali digunakan hampir di semua file config seperti apache, nagios dan file config lainya.

Kamu bisa menambahkan daftar hilight syntax nano agar bisa memberikan warna untuk banyak file dengan cara berikut.

Kalau kamu punya curl kamu bisa jalankan perintah ini

curl https://raw.githubusercontent.com/scopatz/nanorc/master/install.sh | sh

Atau kamu bisa pakai wget untuk melakukan proses instalasi

wget https://raw.githubusercontent.com/scopatz/nanorc/master/install.sh -O- | sh

Proses di atas akan melakukan download file nano lalu menambahkannya ke dalam nanorc secara otomatis, setelah proses ini selesai kamu bisa gunakan nano tapi dengan fitur hilight syntax yang lebih baik.

Kesimpulan

Highlight syntax text nano sangat mudah di aplikasikan karena ini akan sangat memudahkan kamu untuk mengedit file dengan nano.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.