Belajar nano Teks Editor Linux (Panduan Lengkap)

Aplikasi editor teks bernama nano cukup mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi editor teks lainnya jadi tidaklah heran kalau belajar nano sangat disukai oleh pemula.

Disini kamu bakal belajar hal mendasar cara menggunakan aplikasi nano setelah itu kamu juga bakal mempelajari nano lanjutan berupa tips, trik dan semua fitur yang kamu butuhkan biar mahir belajar perintah linux.

  • Proses Instalasi
  • Cara Pakai

Instalasi

Bergantung dari sistem operasi yang kamu pakai sebenarnya aplikasi nano sudah terinstall otomatis di beberapa distro linux khususnya Ubuntu.

Kalau kamu tidak yakin apakah nano sudah terinstall atau belum, kamu bisa jalankan perintah nano --version jika muncul informasi versi nano berarti kamu bisa lewati panduan proses instalasi ini.

Install nano di Ubuntu/Debian cukup menjalankan perintah ini di terminal:

sudo apt-install nano -y

Sedangkan kalau kamu pakai CentOS/RHEL:

yum install nano

Untuk proses instalasi hanya cukup sampai disitu sekarang kita akan belajar dasar-dasar menggunakan aplikasi editor nano.

Dasar Belajar Nano

Nano adalah aplikasi editor teks di terminal jadi untuk menggunakan perintah nano kamuakan selalu menggunakan aplikasi terminal di linux.

Pada bagian ini kamu bakal belajar cara pengoperasikan dasar dari perintah nano di Linux. Perlu diingat aplikasi nano ini seperti notepad yaitu hanya untuk mengedit teks cara menggunakanya cukup mudah jadi jangan kawatir kamu pasti bisa.

Membuka File Pakai Nano

Perintah buka file pakai nano adalah nano namafile jadi sebut saja kamu mau membuka file config.php maka kamu perlu menjalankan perintah ini.

nano config.php

Setelah itu nano akan membuka file config.php dan menampilkanya kira-kira tampilan awalnya seperti ini:

Ingat ya!
Pada saat buka file dan ternyata file tersebut tidak ada maka nano akan membuat file tersebut tersebut.

Contohnya pada saat kamu ketik perintah nano config.php tapi file config.php tidak ada maka artinya kamu akan membuat file baru bernama config.php

Maka pastikan kembali kalau kamu mau edit sebuah file periksalah file tersebut benar-benar ada karena kalau tidak kamu secara tidak sengaja akan membuat file baru, padahal yang kamu butuhkan editing file.

Membuat File Baru di Nano

Seperti yang sudah di bahas di atas cara membuat file baru sama perintahnya kalau kita mau membuka file yaitu gunakan perintah nano namafilebaru. Contoh kamu mau membuat file wp-config.php maka ketikan perintah ini:

nano wp-config.php

Biar tidak salah pastikan tidak ada file wp-config.php sebelum menjalankan perintahnya.

Belajar Nano Lanjutan

Gambar aplikasi nano sedang membuat file baru config.php

Sekarang ketikan perintah nano config.php setelah itu bisa langsung melakukan proses modifikasi file dengan cara mengetikan apa yang mau kamu ketik dan tulisan mana yang akan kamu ganti atau hapus.

Coba ketikan ini halo saya lagi belajar aplikasi nano di belajarlinux.org

Memindahkan Kursor Nano

Kamu bisa menggunakan arah keyboard ← ↑ ↓ → untuk mengatur kursor untuk mengatur posisi kiri kanan atas dan bawah.

Mengenal Menu Nano

Coba kamu perhatikan gambar di atas ada tulisan pada bagian bawah dari kiri kekanan berupa ^G Get Help ^X Exit ^O WriteOut dan seterusnya sampai ^T To Spell itu disebut daftar menu di nano.

Cara pakainya cukup mudah tanda ^ artinya Ctrl di keyboard mu. Jadi kalau ^G artinya kamu perlu tekan tombol Ctrl dan G sedangkan tulisan di sampingnya ^G Get Help adalah penjelasan dari menu itu, jadi ^G Get Help sama dengan tekan keyboard Ctrl+G untuk membuka menu help lalu untuk kembali atau keluar dari menu help cukup tekan esc pada keyboard. Kamu bisa coba untuk buka menu yang lainya nanti.

Menyimpan File di Nano

Untuk menyimpan file kamu bisa gunakan ^O WriteOut jadi apa yang sudah kamu ketik tadi bisa di simpan dengan cara menekan tombol shortcut Ctrl+O. Kalau itu file baru maka akan ada konfirmasi nama file kamu cukup tekan enter.

(ilustrasi simpan file dengan nano)

Kalau kamu mau mengganti nama filenya kamu cukup ketikan nama file baru sebelum menjawab pertanyaan simpanya.

Menutup Nano / Keluar dari Aplikasi Nano

Kamu sudah membuat file config.php lalu menuliskan halo saya lagi belajar aplikasi nano di belajarlinux.org kemudian sudah menyimpan file tersebut, sekarang bagaimana caranya keluar dari aplikasi nano?

Keluar dari aplikasi nano cukup gunakan ^X Exit atau shortcut Ctrl+X maka kamu akan langsung keluar dari nano.

Kalau kamu melakukan perubahan pada file setelah itu keluar dari nano maka aplikasi nano akan menanyakan apakah kamu mau simpan file ini atau tidak cara jawabnya cukup mudah dengan cara menekan tombol keyboard Y untuk yes atau N untuk no sedangkan untuk membatalkan tekan ^C Cancel atau Ctrl+C.

Save modified buffer (ANSWERING "No" WILL DESTROY CHANGES) ?
 Y Yes
 N No           ^C Cancel

Mencari Tulisan di Nano

Kebutuhan yang paling sering di pakai adalah pencarian teks bagaimana cara mencari teks di nano? Caranya cukup mudah dengan cara gunakan shortcut Ctrl+W untuk akses menu ^W Where Is setelah itu akan muncul form kamu tinggal ketikan kata apa yang akan kamu cari setelah itu tekan enter.

Kalau kata yang kamu cari ada banyak maka untuk menuju pencarian berikutnya cukup tekan Alt+W seterusnya sampai kamu sudah menemukan kata yang kamu cari.

Mencari dan Ganti Tulisan (find and replace) Nano

Mencari dan ganti tulisan bisa dilakukan dengan shortcut ^\ atau tekan Ctrl+\ di keyboard maka kamu akan di tanya dua pertanyaan.

Pertama kamu perlu mengetikan kata yang kamu cari untuk di ganti setelah itu tekan enter maka kamu perlu mengetikan kata gantinya setelah di enter lagi maka akan muncul pertanyaan konfirmasi kamu bisa tekan A untuk mengganti seluruhnya.

Cara Copy Paste Di nano

Kalau kamu menggunakan aplikasi terminal mungkin copy paste bukan hal yang menjadi masalah tetapi kalau kamu berada pada konsole terminal beneran kamu bakal bingung untuk copy paste makanya akan saya bahas disini.

Kamu perlu memilih teks terlebih dulu dengan cara tekan keyboard Alt+a setelah itu kamu bisa gunakan cusor panah pada keyboard untuk menyoroti teks.

Untuk melakukan Copy tekan Alt+6 sedangkan untuk melakukan Cut tekan Ctrl+k

Cara paste cukup tekan Ctrl+k di lokasi cursor yang ingin di paste.

Intinya

Aplikasi nano adalah aplikasi teks editor yang paling mudah digunakan cocok untuk pemula yang baru belajar linux, apa yang saya ajarkan di atas adalah hal yang paling sering di butuhkan dan digunakan dalam kehidupan nyata.

Masih banyak yang bisa di pelajari dari nano tetapi kamu bisa mulai belajar dari hal yang sederhana, mendasar dan juga paling di butuhkan.

Kalau kamu suka dengan artikel ini silakan beri komentar tentang pendapat kamu.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.