4 Anti Virus Linux Terbaik dan Mana Perlu Pakai

Banyak cerita yang kontroversi kalau membahas anti virus Linux, ada yang bilang "NO SYSTEM IS SAFE" sehingga kamu butuh anti virus untuk Linux tapi yang lain beranggapan kalau Linux tidak membutuhkan anti virus.

Mari kita bahas daftar aplikasi anti virus yang tersedia di internet secara gratis lalu setelah itu kita bahas fakta tentang linux anti virus untuk menjawab apakah kamu perlu anti virus linux atau tidak?

1. Shopos

Shopos adalah salah satu aplikasi anti virus gratis terbaik untuk linux. Gak cuma support on-demand scanning tapi juga real time scanning.

Antivirus Linux khusus ini tidak hanya mencegah malware berbasis Linux tetapi juga berfungsi dengan baik pada sistem operasi lain seperti windows, android. Antivirus ini bisa mendeteksi worm dan trojan juga dan membantu untuk menghapus dari repositori.

Kalau kamu suka pakai terminal Shopos memberikan fasilitas ini buat kamu agar kamu lebih mudah menggunakanya.

Fitur Unggulan:

  • Gratis (selalu menjadi perhatian banyak mata)
  • Terminal Base
  • Mendeteksi dan Menghapus Ancaman
  • Bisa untuk worms, trojan, virus dan malware
  • Sangan ringan, mudah digunakan dan mudah di install
  • Multiplatform (bisa untuk sistem operasi lain)

2. Clam AV

Clam AV adalah aplikasi anti virus yang open source tersedia untuk Linux dan juga sistem operasi lain. Anti virus linux ini bisa mendetek trojan, virus, malware dan serangan lain. Boleh dibilang Clam AV adalah antivirus linux yang paling dikenal di Linux.

Fitur Unggulan:

  • Free and Open Source jadi kamu tidak perlu keluar biaya sepeserpun untuk pakai antivirus ini.
  • Walau untuk Linux tapi bisa juga di install di mac dan windows
  • Scan Antivirus menggunakan perintah linux di terminal
  • Update database anti virus yang rutin
  • Bisa scan virus di email dan attachment
  • Bisa Scan virus di file dokumen seperti PDF, Microsoft Office, Mac Office, HTML dan RTF

3. Comodo

Comodo adalah anti virus linux terbaik yang gak kalah bagus. Dikenal punya arsitektur yang unik dan bisa berjalan lintas platform yaitu sistem operasi yang berbeda selain itu bisa digunakan untuk scan email.

Comodo juga support fitur firewall seperti windows dengan arsitektur 32bit dan 64bit. Comodo mendukung banyak distro linux makanya Comodo banyak digunakan oleh para pengguna Linux.

Fitur Unggulan:

  • Gratis
  • Gampang install dan pakainya
  • On-demand scan
  • Proteksi secara realtime
  • Bisa untuk anti spam
  • Mendukung banyak platform
  • Bisa dipakai untuk server

4. RootKit Hunter

RootKit susah di deteksi karena nempel di aplikasi sistem dan root kit boleh dibilang virus sangat berbahaya karena merupakan kumpulan tools yang bisa digunakan untuk mendapatkan akses root, bayangkan dengan rootkit bisa mendapatkan akses dari user biasa bisa jadi root? Inilah bahanya rootkit.

Fitur Unggulan:

  • Bisa mendeteksi jenis rootkit yang terpasang di komputer kita tanpa kita ketahui
  • Sangat ringan

Pertanyaan yang Sering Di Tanyakan!

Saya mau bahas pertanyaan yang mungkin sering di tanyakan oleh teman-teman yang lagi belajar linux.

  • Apkah Linux Membutuhkan Anti Virus?
  • Apakah Virus Windows bisa menginfeksi Linux?
Apakah Linux Membutuhkan Anti Virus?

Tidak, tapi relatif.

Penjelasan
Pertanyaan ini menjadi perdebatan dari dulu sampai sekarang maka saya mau jawab dari perspektif belajarlinux.org secara pribadi.

Memang banyak virus mengifeksi sistem operasi Windows saat ini dan boleh dibilang pengguna komputer pribadi di rumah-rumah lebih banyak Windows ketimbang Linux, bisa jadi itu sebabnya orang lebih suka membuat virus untuk Windows daripada Linux. Logika saja, kalau tidak menjanjikan ngapain dikerjkan? Iya kan.

Memang pengguna rumahan untuk Linux bisa jadi kalah jumlah dari Windows, tapi kalau untuk urusan server hampir semua server menggunakan Linux. Artinya di kalangan enterprise yang menggunakan server khususnya Linux, ada perang besar yang sedang terjadi antar hacker dengan sistem administrator.

Jadi kalau kamu berpikir Linux tidak aman maka saya saatnya jelaskan ke kamu.

Bisa di bilang Linux paling aman dari virus ketimbang sistem operasi Windows karena Linux punya sistem arsitektur yang berbeda dengan Windows.

Karena sebenarnya yang jadi ancaman bukan dari sistem operasi Linux tetapi dari sisi penggunanya sendiri, terkadang melakukan sesuatu hal yang bisa membahayakan sistem operasi, misalnya: membuka sembarang link yang ada di email, mendownload file dari sumber yang tidak terpercaya lalu menjalankanya, menggunakan password yang mudah di tebak.

Intinya Linux lebih aman ketimbang Windows jadi kamu tidak perlu khawatir soal anti virus di linux untuk saat ini.

Apakah Virus Windows Bisa Menginfeksi Linux?

Tidak, tetapi harus tetap hati-hati.

Penjelasan
Karena perbedaan arsitektur maka binerinya Linux dan Windows berberda jadi aplikasi atau virus yang berjalan di windows tidak akan berjalan di linux atau dengan kata lain tidak akan menginfeksi linux.

Jangan senang dulu, kenapa? Virus windows tidak akan jalan di linux tetapi file tersebut kalau secara tidak sengaja terkirim ke komputer windows maka akan langsung menginfeksi komputer windows.

Misalnya kamu dapat file melalui flashdisk, rupanya flashdisk tersebut ada virus kamu santai saja kalau itu di colok ke linux karena tidak akan berpengaruh, tetapi kalau itu di colok ke komputer windows maka akan langsung terinfeksi.

Jadi walau tidak mengganggu komputer linux milik kamu tetapi baiknya kamu pertimbangkan juga komputer orang lain.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan antivirus untuk linux, tapi bukan berarti kamu juga butuh anti virus untuk komputer kamu yang pakai linux. Tetapi semua keputusan bergantung di kamu, apakah kamu mau pakai anti virus atau tidak.

Kamu boleh bagikan pendapat kamu dengan mengisi kolom komentar di bawah.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

4 pemikiran pada “4 Anti Virus Linux Terbaik dan Mana Perlu Pakai”

  1. Sejak saya pakai ubuntu 2008 dan skrg ganti linux mint sejak 2013 tidak pernah pasang antivirus di linux.
    Sebelum dulu saya install linux (ubuntu) ,
    saya cari tahu dulu apa itu linux ,dari buku ,majalah ,dan internet, setelah tahu kelebihan dan kekurangannya ,saya install di pc waktu itu (dual boot ) .

    Jadi untuk saya pribadi tidak perlu install antivirus dilinux .
    kalo di windows was was kalo tidak pasang antivirus ,harus sering check sistem dengan antivirus dan melakukan defrag rutin ,jadi ribet.

    mau apa lagi kalo pakai Os windows ,karena ada aplikasi untuk editing foto ,design dll yg hanya berjalan di windows ,sperti printer DTG ,tidak ada softwarenya untuk di linux.

    Kalo editing foto dll ada Gimp tapi susah ,maklum sdh terbiasa dengan photoshop dan coreldraw.

    Untuk pekerjaan saya pakai windows ,untuk sehari hari saat lagi tidak editing / design ,saya pakai linux mint,browsing ,email ,youtube ,nonton film dll ,sering juga 2 laptop saya nyalakan, linux ke internet ,windows disconnected. Semoga situs ini banyak dibanyak orang ,dan banyak orang beralih ke linux untuk penggunaan sehari hari.

    Terima kasih.

    Balas
    • wah mantap sekali kk hary,

      sepertinya pengalaman kk sama dengan saya, jaman dulu memang belum ada website yang membuat artikel belajar linux dari nol.
      kebanyakan hanya tutorial yang spesifik, belum membimbing pemula secara lengkap mulai pengenalan, pemahaman, pemilihan distro, penginstallan, hingga penggunaan.
      jadi kita dituntut untuk mencari jalan sendiri saat belajar linux tanpa ada yang mengarahkan.

      sekarang uda mending, belajarlinux.org disusun khusus untuk membimbing pemula dalam belajar linux dari awal hingga akhir.

      saya juga masih pakai windows, walau laptop saya diinstall linux.
      untuk aplikasi game dan aplikasi yang hanya bisa dijalankan di windows saya pakai windows,
      tapi untuk pekerjaan yang bisa pakai linux sya p akai linux.

      terutama saat membuat server.

      terimakasih telah berbagi pengalaman kk belajar dan menggunakan windows,
      semoga bisa menginspirasi teman-teman lain yang lagi belajar linux untuk hobi ataupun tuntutan pekerjaan.

      salam ^_^

      Balas
  2. Saya end user, sudah pakai linux desktop sekitar 13 tahun untuk bekerja sehari-hari, setelah menemukan blog ini bertambah begitu banyak pengetahuan saya tentang Linux. TERIMAKASIH…TERIMAKASIH….

    Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.