5 Cara Membuka Aplikasi Terminal Linux (Mudah Sekali)

Tersedia banyak cara membuka aplikasi terminal di Linux baik berupa terminal berupa aplikasi emulator atau bahkan langsung terminal pada komputer. Walau komputer pada linux sudah mendukung Desktop tetapi banyak masalah dapat terselesaikan dengan perintah linux yang di ketikan pada terminal, oleh karena itu penting buat kamu untuk mengetahui beberapa alternatif dan cara membuka aplikasi terminal.

1. Membuka Terminal dengan Shortcut Ctrl+Alt+T

Cara paling mudah untuk membuka aplikasi terminal adalah dengan menekan tombol shortcut di keyboard komputer. Cukup menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T secara otomatis komputer akan membuka jendela aplikasi terminal.

2. Menggunakan Pencarian Ubuntu/Dash

Kita sering sekali menggunakan menu pencarian karena hal itu sangat memudahkan kita begitu juga untuk membuka aplikasi terminal di linux kita bisa menggunakan menu pencarian atau dash pada Linux Ubuntu.

Cara membuka aplikasi terminal cukup tekan activities setelah itu pada kolom pencarian kita ketikan kata Terminal secara otomatis komputer akan mengarahkan kepada aplikasi terminal setelah itu kita bisa menekan tombol enter untuk membuka aplikasi terminal yang sudah muncul di menu pencarian.

3. Buka Terminal di Gnome Aplikasi Launcher

Cara lain untuk membuka jendela terminal adalah dengan menu aplikasi GNOME. Pilih menu Application di sudut kiri bawah desktop. Kemudian, pilih All di bagian bawah layar, kalau enggak kamu bisa arahkan mouse ke bawah lalu pilih Utility. Ada beberapa program dalam Utility salah satunya adalah Terminal.

Terminal adalah aplikasi bawaan Gnome kamu bisa pilih aplikasi tersebut yang tersedia di daftar aplikasi Laucher Gnome.

4. Buka Terminal Menggunakan Run Command

Cara gampang lainnya untuk membuka aplikasi terminal adalah dengan opsi run command. Tekan tombol Alt+F maka akan muncul opsi perintah kamu bisa ketikan gnome-terminal pada kolom yang tersedia setelah itu tekan tombol Enter pada keyboard.

Kamu tidak bisa mengetikan cuma terminal karena banyak sekali aplikasi yang bernama terminal, makanya kamu harus mengetikan gnome-terminal.

5. Membuka Console Terminal Monitor

Linux adalah sistem operasi yang multisession artinya kita bisa login dengan user yang berbeda pada saat yang bersamaan. Secara default komputer Linux akan membuka session menggunakan graphical (GUI) untuk kita gunakan, nah kita bisa menggunakan session lain untuk membuka terminal konsole pada monitor.

Cara Membuka Console Terminal menggunakan kombinasi keyboard Ctr+Alt+F3 maka monitor akan ganti ke monitor terminal. Kamu juga bisa menambah session baru menggunakan Ctr+Alt+ (F3 sampai F10).

Pada saat kamu gunakan ini kamu akan benar-benar meninggalkan session graphic dan beralih ke full terminal, maka untuk kembali ke mode GUI kamu cukup menekan Ctr+Alt+F2.

Ini sangat membantu ketika session GUI kita bermasalah maka kita bisa gunakan session lain untuk memperbaiki GUI.

Kamu pasti perlu belajar cara menggunakan terminal.

Semoga bermanfaat.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.