Sejarah Perkembangan Komputer dan Sistem Operasi

Sistem operasi menyediakan berbagai macam Fasilitas dan fungsi yang diperlukan  oleh aplikasi  untuk berjalan, mulai dari menyediakan memory, storage, input dan output device  dan lain sebagainya.

Gampangnya sistem operasi itu seperti sebuah panggung dan Artisnya adalah Sebuah aplikasi, dimana seorang artis tidak perlu untuk mempersiapkan segala macam kebutuhan untuk melakukan performance atau pentas karena telah disediakan oleh panitia dalam bentuk sebuah panggung.

Lalu apa jadinya jika pada awal penemuan komputer belum menggunakan Sistem operasi?

Sebelum ditemukannya sistem operasi

Pada Komputer generasi awal sekitar tahun 1950 bentuk komputer tidak seperti sekarang yang begitu kecil, di zaman itu Jenis komputer yang digunakan adalah mainframe atau komputer besar bentuk fisik komputer bisa separuh ruangan kelas  dan hanya bisa melakukan satu pekerjaan dalam satu waktu atau belum support multitasking seperti komputer di zaman sekarang. Untuk berinteraksi dengan komputer belum menggunakan keyboard dan monitor seperti saat ini Namun menggunakan berbagai macam tombol  lampu dan suara sebagai indikator  untuk menunjukkan hasil kerja komputer.
sejarah komputer generasi pertama eniac

Komputer mainframe pada saat itu belum menggunakan sistem operasi sama sekali, maka  ketika ingin menggunakan komputer pengguna/operator harus memasukkan aplikasi yang disimpan dalam media penyimpanan magnetik  atau kertas berlubang  untuk di load pada saat komputer booting .Komputer hanya menjalankan satu aplikasi dan akan bekerja sesuai dengan program yang dimasukkannya sampai aplikasi tersebut hang atau  menyelesaikan pekerjaannya dan jika ingin menggunakan aplikasi lain maka pengguna atau operator harus Merestart komputer  dan memasukkan pita magnetik atau kertas berlubang lain untuk meload aplikasi yang ada dalam media penyimpan  tersebut pada saat komputer booting.

KERNEL,inti dari sistem Operasi

Bahasa pemrograman assembler dan compiler dibuat untuk programmer yang berfungsi menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin yang dahulu dilakukan secara manual,agar aplikasi yang telah dibuat oleh programmer dapat dijalankan di komputer.

Ketika module perangkat komputer semakin kompleks lambat laun berbagai macam fungsi dimasukkan ke dalam aplikasi yang bertugas untuk menghandle resource hardware input dan output,namun komputer masih menjalankan single tasking, langkah kecil inilah yang menjadi awal konsep modern komputer yang kita gunakan sampai saat ini .

Ketika perkembangan  perangkat keras komputer pun semakin maju dan cepat maka vendor hardware dituntut Untuk menyertakan runtime library yang mengatur dan memonitor penggunaan resources komputer ketika digunakan oleh aplikasi, bukan hanya  memonitor CPU saja namun juga untuk  perangkat yang lain seperti printer pembaca kartu storage dan signaling.tuntutan ini dibuat untuk meminimalisir penyalahgunaan resource dan error ketika aplikasi dijalankan.

Kumpulan library  yang mengatur berbagai macam Resource komputer  untuk digunakan oleh aplikasi inilah yang Kredit cikal bakal  atau inti sistem operasi  yang lebih dikenal dengan sebutan Kernel.

Apa itu kernel dan sistem operasi?

Kernel merupakan inti dari sistem operasi itu sendiri dimana Kernel berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara aplikasi dengan hardware ,Bukan hanya itu kernel juga mengatur penggunaan resource hardware oleh aplikasi karena jika hardware langsung diakses oleh aplikasi tanpa diatur oleh Kernel maka bisa menyebabkan sistem crash ketika hardware tersebut diakses oleh aplikasi lain.

Kernel juga menyediakan fitur keamanan seperti pengaturan user privilege pada Linux  yang menjadikan Linux Tetap Bertahan oleh serangan  virus walau tanpa antivirus

sebenarnya sistem operasi tidak melakukan pekerjaan apapun sebelum ada aplikasi yang berjalan dan ketika aplikasi berjalan  maka sistem operasi mulai mengalokasikan resource komputer untuk digunakan oleh aplikasi tersebut.

Simpelnya  sistem operasi akan diam dan menunggu sampai ada aplikasi yang berjalan lalu mengalokasikan resource komputer untuk aplikasi tersebut.

Yang terjadi pada umumnya adalah ketika orang menyebut sistem operasi Maka di benak mereka merupakan paduan dari Kernel itu sendiri yang Merupakan sistem operasi yang sesungguhnya, desktop environment dan berbagai macam tools Yang dipandu oleh vendor sistem operasi tersebut .

Perkembangan model komputer dan sistem operasi

Sistem operasi dikembangkan dan disesuaikan dengan perkembangan hardware komputer,berikut perkembangan jenis komputer dan sistem operasi dari masa kemasa

Mainframes Komputer

Mainframe atau komputer besar  merupakan komputer generasi pertama yang dibuat dan digunakan oleh instansi-instasi dengan tujuan penelitian atau untuk menyelesaikan pekerjaan,komputer pada saat itu masih menggunakan motor,tabung hampa,pita magnetik,kertas berlubang untuk menyimpan data.Maka tidak heran jika ukuran komputer pada saat itu sangat besar karena belum ditemukan transistor/semi konduktor sebagai pengganti tabung hampa.
bentuk mainframe komputer dizaman dahulu

Saat telah ditemukan sistem operasi setiap ada versi hardware baru maka sistem operasinya juga baru walau dibeli dari vendor yang sama,sehingga command,prosedur dan cara bekernjanya juga berbeda dan memerlukan pengaturan manual untuk mengubah/mengupdate sistem operasi di komputer yang lama.

IBM memulai terobosan baru dalam perangkat keras komputer dan sistem operasi pada tahun 1960-an dengan membuat hardware dan sistem operasi generasi baru “System/360” yang memungkinkan untuk kompatible dengan versi hardware sebelumnya . Inovasi dari IBM inilah yang menjadi konsep dasar pengembangan hardware dan OS hingaa saat ini. System/360 juga menyediakan versi  untuk digunakan  pada mini computer

Mini Computer (mid range computer)

Mini computer adalah komputer dengan kemampuan yang lebih cepat dengan komputer pendahulunya /mainframe dan memiliki bentuk fisik yang lebih kecil.komputer jenis ini digunakan dan difungsikan sebagai server untuk instansi bisnis atau sebagai alat penelitian.

Sistem operasi Unix dibuat dan dikembangkan oleh AT&T bell Laboratories pada tahun 1960-an dan digunakan sebagai nyawa sebagian besar mini computer yang ada di dunia.
bentuk mini computer pada zaman dahulu

Sistem operasi Unix ditulis menggunakan bahasa C,keistimewaan dari bahasa C adalah mampu melakukan “porting” dimana program yang dihasilkan dari hasil compile bisa dijalankan di komputer lain yang mempunyai environment (cpu,OS,library,dll) yang berbeda dengan environtment saat aplikasi dubuat.

Jika bahasa C bisa diporting,maka Unix juga bisa diporting ke komputer dengan arsitektur yang berbeda.Kemudahan inilah yang menjadi pilihan pengembangan mini komputer generasi kedua dan generasi pertama dari worstation.

Flexibilitas dari bahasa C inilah yang menginspirasi perkebangan sistem operasi agar bisa berjalan di semua platform hardware dengan spek yang berbeda,konsep inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya free and opensource software termasuk didalam nya GNU,Linux dan Berkeley Software Distribution (BSD).Apple’s macOS juga dibuat berdasar Unix via NeXTSTEP and FreeBSD

Micro Computer

Micro computer adalah, computer yang menggunakan central processing unit (CPU) yang berfungsi sebagai micro processor,didesain untuk penggunaan perorangan dan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari mini computer,micro computer dikebangkan antara tahun 1970-an sampai 1980-an.Komputer,laptop,smartphone,tablet yang kita gunakan tergolong dalam micro computer.
contoh micro computer pada zaman dahulu

Pada awal tahun 1970-an komputer berbentuk kecil mulai dipasarkan bebas kepasaran dengan target untuk digunakan perorangan (personal computer),pada saat itu komputer telah dilengkapi dengan micro processor dan built in  BASIC interpreter yang  dimasukan kedalam ROM,BASIC ini juga berfungsi sebagai interface command line interface yang memungkinkan user untuk memasukan sistem operasi dari disk lain semisal disket untuk diinstall di komputer.Pada saat itu disket masih sangat mahal dan hanya sebagian kecil orang yang mampu membelinya ,jadi media penyimpan standar yang digunakan berupa pita magnetik atau kaset.

Basic merupakan bahasa pemrograman yang dibuat untuk agar orang dengan minat di bidang komputer bisa membuat aplikasinya sendiri.

Lambat laun harddisk digunakan sebaga media penyimpan menggantian kaset dan floppy disk semakin murah dan digunakan untuk media penyimpan luar yang portable dan sebagai alat memindah file dari satu komputer ke komputer lain,dan kamu sekarang menggunakan SSD yang ukurannya secuil namun bisa menampung data yang bergiga-giga.

Era Baru Sistem Operasi

Ketika semua orang bisa membeli micro komputer dengan harga yang terjangkau maka komunitas pecinta komputer yang ikut mengembangkan sistem operasi juga semakin meluas.

Singkat cerita sekitar tahun 1990an hanya ada 3 sistem operasi yang bertahan dan digunakan oleh pengguna komputer secara luas hingga saat ini (2017)yaitu Microsoft Windows, Apple Inc.’s Mac OS X, dan open source Linux.

Sumber informasi: Wikipedia