Mengenal Struktur Directory Linux Mint dan Cara Mengelola Dokumen

struktur directory pada windows

Mengenal Struktur directory pada Linux

Di Linux Tidak ada drive C:\ D:\ E:\ – saat menggunakan windows pasti kamu melihat ada partisi drive C:\ yang berisi  sistem operasi,drive D:\ ,drive E:\ dan seterusnya yang biasa kamu gunakan untuk menyimpan data agar tidak hilang saat windows kamu diinstall ulang.

File system pada linux sedikit berbeda dimana linux hanya mempunyai satu induk directory atau folder yaitu root (dilambangkan dengan simbol garis miring /),semua file atau dokumen harus berada di dalam folder atau sub folder induk root,bahkan partisi yang biasanya diberi label D:\ E:\ dst pada windows, harus dimuat didalam folder atau sub folder induk root ini.Istilah memuat partisi atau drive kedalam struktur directory/folder induk (root) dinamakan mounting.
struktur directory secara umum pada linux

Tempat/lokasi menyimpan dokumen dan folder pada linux

Linux mempunyai pengaturan hak akses yang ketat untuk alasan keamanan,oleh karena itu kamu tidak bisa menggunakan sembarang folder untuk menyimpan dokumen.Kamu sebagai user biasa hanya bisa menggunakan folder tertentu seperti :

  • folder home (/home/namausermu) ,yang sama fungsinya seperti my document pada windows
  • folder /media/namausermu yang merupakan folder untuk memuat flashdisk dan removable media lain nya seperti hdd/sdd portable,memory card,handphone,dll.Sama saja fungsinya seperti drive D:\ E:\ F:\ dan seterusnya saat menggunakan windows.

Selain lokasi tersebut kamu tidak bisa menggunakan nya tanpa hak akses root (hak akses administrator saat kamu pake windows)

Megelola dokumen dan folder menggunakan file manager

Jika saat menggunakan windows kamu menggunakan windows explorer untuk mengelola dokumen dan folder maka saat menggunakan linux kamu memerlukan file manager juga  untuk mengelola dokumen dan folder.

File manager pada linux mint cinnamon diberinama “Nemo” dengan icon folder biasa dan bisa diakses melalui Home shortcut pada desktop atau melalui quick launch
aplikasi file nemo file manager pada linux mint cinnamon

 

  1. Shortcut untuk membuka aplikasi file manager “nemo”, fungsinya sama seperti windows explorer
  2. Addressbar : menunjukan lokasi dari sebuah dokumen, jika saat menggunakan windows diawali dengan drive letter misalnya C:\ D:\ E:\ dst,maka pada linux diawali dengan folder root yang diberi simbol garis miring (/)
  3. Untuk merubah jenis tampilan file dan folder (icon view,list view,compact view)
  4. Untuk merubah tampilan address bar (tampilan dengan text atau icon)
  5. Media penyimpan external atau removable disk (flashdisk,hdd external,hape,kamera,dll)akan otomatis di mount/ditampilkan di desktop dan file manager, untuk melepasnya kamu harus melakukan unmount terlebih dahulu dengan klik pada tanda panah keatas pada nama external drive.Lokasi mounting flashdisk atau media penyimpan external sejenisnya berada di /media/namauser/namaMediaExternal
  6. File system merupakan partisi yang dimount ke / (root) yang berisi file pendukung sistem operasi Linux.
    Pada artikel tingkat lanjut akan diajarkan bagaimana mount partisi khusus ke /home agar partisi drive yang digunakan untuk menyimpan data berbeda dengan partisi sistem operasi linux.
  7. Menampilkan isi folder yang sedang kita buka saat ini

Kamu bisa mengatur dokumen dan folder pada linux mint sama caranya saat kamu menggunakan windows,hanya tampilan saja yang sedikit berbeda tetapi untuk melakukan rename,copy,paste,move,delete caranya sama bisa dengan klik kanan pada file /folder lalu pilih menu yang diinginkan atau menggunakan shortcut yang sama saat menggunakan windows.