Langkah-Langkah Proses Instalasi Server Ubuntu

Setelah kamu mempersiapkan media installer server sekarang kamu bisa masuk ke tahapan proses instalasi.

Berikut adalah proses dan langkah-langkah proses instalasi server ubuntu yang di sertai gambar agar mudah di pahami.

Tahap 1 Pilih Bahasa

Tahap awal instlasi ada pemilihan bahasa yang akan digunakan nantinya oleh sistem, pemilihan bahasa sangat penting kamu bisa pilih sesuai dengan bahasa yang kamu mau, bisa saya lebih suka tetap pakai bahasa inggris.

Tahap 2 Pembaruan

Sebelum proses instalasi berjalan kamu di berikan pilihan apakah kamu mau langsung install tanpa pembaruan atau kamu mau melakukan pembaruan sebelum install.

Kalau kamu ada koneksi internet dan mau menunggu lagi untuk download maka kamu bisa pilih Update to the new installer ini cocok kalau kamu butuh sistem operasi yang selalu terbaru.

Kamu bisa pilih Contunue without updating untuk langsung install tanpa harus pembaruan, tenang saja kamu masih tetap bisa melakukan pembaruan setelah proses instalasi selesai.

Tahap 3 Layout Keyboard

Layout keyboard perlu dipilih di sesuaikan dengan keyboard yang kamu pakai, untuk kita orang indonesia tidak punya keyboard khusus jadi kita bisa pilih English (US).

Tahap 4 Jaringan

Layar ini adalah tahapan untuk konfigurasi jaringan, ubuntu server menggunakan netplan untuk melakukan konfigurasi jaringan ini sangat mudah untuk di lakukan.

Kamu bisa pilih konfigurasi jaringan yang akan kamu gunakan, meliputi:

  • DHCP
  • IP Statis
  • VLAN
  • Interface Bonds

Tahap 5 Proxy

Pengaturan proxy kalau kamu tidak punya kamu bisa kosongkan.

Proxy ini biasanya digunakan untuk mengakses paket repositori dan penyimpanan snap untuk installer aplikasi.

Tahap 6 Mirror

Pada tahap ini adalah pemilihan arsip ubuntu dan secara otomatis diatur oleh oleh geoip untuk mencari lokasi arsip terdekat dengan lokasi kita di indonesia, ini berfungsi untuk meningkatkan proses kecepatan download apliaski nantinya.

Indonesia punya beberapa mirror diantaranya dan kamu bisa menggantinya sesuai yang kamu mau:

  • http://kambing.ui.ac.id/ubuntu
  • http://mirror.biznetgio.com/ubuntu
  • http://kebo.pens.ac.id/ubuntu
  • http://mirror.unej.ac.id/ubuntu

Untuk lebih lengkap kamu bisa kunjungi https://launchpad.net/ubuntu/+archivemirrors cari negara indonesia.

Tahap 7 Penyimpanan

Pada layar ini adalah pengaturan media penyimpanan yang akan digunakan oleh sistem, sebenarnya pengaturan ini cukup komplek berikutnya akan saya bahas lebih mendetail.

Saat ini kamu bisa pilih otomatis pengaturan dari bawaan default kamu bisa gunakan LVM atau tidak bebas terserah kamu.

Konfirmasi untuk pengaturan media penyimpnan, karena sistem akan menghapus isi hardisk lalu melakukan format dan pembuatan partisi agar ubuntu bisa berjalan di hardisk ini.

Proses instalasi akan langsung di belakang jadi kamu bisa tunggu sampai ke tahap selanjutnya

Tahap 8 Identitas Pengguna

Jika proses instalasi selesai maka kamu akan masuk ke pembuatan akun pengguna.

Pengguna default akan menjadi administrator, mohon di ingat baik baik username dan password bagusnya kamu catat di buku catatan kamu biar tidak lupa di kemudian hari.

Tahap 9 SSH

Instalasi Ubuntu default tidak memiliki port terbuka.

Maka kamu perlu memberikan centang pada install OpenSSH server agar kamu nanti bisa di remote menggunakan ssh client seperti putty atau yang lainnya.

Tahap 10 Snaps

Jika koneksi jaringan terhubung, kamu akan diberikan aplikasi yang akan di install menggunakan snaps, kalau kamu tau dan paham kamu bisa beri tanda centang.

Tapi kalau kamu tidak yakin kamu bisa kosongkan, nanti kamu bisa install belakangan dan saya punya beberapa tutorial untuk server.

Tahap 11 Log Instalasi

Ini adalah layar terakhir dari proses install yang menunjukkan progres install yang di tampilkan dalam bentuk file log lengkap.

Kamu bisa lakukan reboot dan komputer akan restart dan sistem linux server kamu sudah siap langsung atau kamu bisa remote dengan ssh.

Kesimpulan

Proses instalasi server ubuntu tidaklah rumit dan hanya membutuhkan waktu beberapa menti saja kamu bisa ikuti langkah demi langkah yang saya sebutkan di atas.

Semoga Bermanfaat

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.