gambar belajar perintah linux

Hardisk Penuh? Cara Cepat Mudah Bersihkan Hardisk di Linux Ubuntu

Setelah cukup lama menggunakan Linux mungkin kamu merasa hardisk kamu sudah mau penuh jadi saya akan ajarkan cara membersihkan hardisk dengan cara yang paling mudah dan cepat.

Untuk lebih memahami konsepnya maka ada baiknya kamu paham dimana saja letak file yang mungkin bengkak tetapi tidak berguna jadi kamu bisa cari tau cara membersihkan file tersebut dari hardisk kamu.

Lokasi membersihkan hadisk linux:

Tips! Saya sudah buatkan script untuk memudahkan kamu menghapus file tersebut jadi baca sampai habis artikel ini, dapatkan script membersihkan hardisk

Bersihkan Ruang Hardisk dari Cache Aplikasi

Lokasi yang tidak kalah penting memakan ruang hardisk kita adalah cache aplikasi milik package managernya linux ubuntu yaitu apt.

Perlu di ingat secara default setiap kali kita install aplikasi menggunakan apt install maka file installer akan di download di komputer kita lalu di install. Nah yang menjadi masalah file tersebut tidak di hapus tetapi di simpan di komputer kita tanpa kita sadari. Letak file tersebut ada di /var/cache/apt.

Semakin kamu banyak install aplikasi maka semakin banyak pula file tersebut terkumpul di komputer kita, sebenarnya kita gak perlu simpan file installer karena semua sudah tersimpan di repository jadi kamu tinggal download jadi untuk apa kita menghabiskan hardisk? Sudah pasti kita hapus file tersebut untuk memberikan ruang hardisk di komputer kita.

Cara Bersihkan Cache Aplikasi di apt

Untuk bisa membersihkan hardisk dari installer yang sudah tidak terpakai kamu bisa jalankan perintah ini

 sudo apt clean && sudo apt autoclean 

sudo apt clean lalu sudo apt autoclean

Maka semua file tersebut akan di hapus.

Buang Library yang Sudah Tidak Terpakai

Setiap kita install aplikasi bukan cuma aplikasi yang terinstall tetapi juga library tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut ukuran filenya berfariasi yang jelas kalau kita sudah hapus aplikasi kita terkadang file library masih terinstall di komputer kita.

Jangan di tanya lagi kita harus hapus file tersebut tetapi ini bukan perkara mudah karena kita tidak tau library mana saja? Oleh karena itu kita butuh aplikasi deborphan untuk mencari library apa saja yang sudah tidak terpakai agar bisa kita hapus. Install aplikasi dengan perintah sudo apt install -y deborphan pastikan tidak ada error.

Cara Hapus Library Tidak Terpakai

Menghapus library dengan deborphan cukup mudah caranya kamu hanya perlu menjalankan perintah ini

deborphan | xargs sudo apt-get -y remove --purge 

Maka semua library tidak terpakai akan langsung di hapus.

Bersihkan "Trash" Tong Sampah

Kalau yang ini mungkin tidak perlu saya jelaskan panjang kali lebar karena kamu sudah bisa atau mungkin kamu sudah sering melakukan hal ini. Jadi untuk memberikan hardisk lebih kamu perlu mengosongkan Trash yang ada di desktop.

Bersihkan Hardisk dari Log

Linux mencatat semua aktivitas yang di lakukan komputer kita baik yang kita ketahui ataupun juga yang tidak kita ketahui itu termasuk log berupa informasi, peringatan atau bahkan fatal error dan itu semua tersimpan di dalam komputer kita.

Coba bayangkan kalau komputer yang kita gunakan sudah lebih dari 2 atau 3 bulan atau bahkan lebih, berapa banyak file log dan berapa banyak memakan ruang hardisk kita? yang jelas sudah ber Giga-giga.

Cara Hapus File Log

Maka penting sekali untuk membersihkan hardisk dengan cara menghapus file log yang sudah tidak terpakai atau kamu bisa bersihkan semua. Tetapi perlu di ingat sembarangan menghapus file log akan menyebabkan sistem linux kamu berhasalah, maka cara terbaik adalah menghapus file log yang sudah dan mengosongkan file log yang sekarang.

Kalau kamu ribet kamu bisa lakukan langkah terakhir

Cara Cepat dan Mudah Membersihkan Hardisk di Linux

Saya sudah membuat script yang bisa menjalankan semua hal yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan hardisk yang sudah saya sebutkan diatas.

Kamu cukup menjalankan satu perintah hardisk langsung bersih dari file sampah dan bisa memberikan ruang untuk data yang lebih penting.

Setelah itu kamu boleh copy paste script di bawah ini lalu buat buat script di komputer kamu lalu jalankan scriptnya hardisk kamu langsung plong.....!

#!/bin/bash

echo Copyright https://www.belajarlinux.org

[ "$UID" -eq 0 ] || exec sudo "$0" "[email protected]"
#cek cache dari aplikasi
du -sh /var/cache/apt/archives

#Bersihkan semua yang ada di file log
logs=`find /var/log -type f`
for i in $logs
 do
     > $i
 done
 
#membersihkan cache 
apt-get clean && apt-get autoclean
apt-get autoremove -y

#Gunakan aplikasi deborphan untuk membersihan library 
apt install -y deborphan
deborphan | xargs sudo apt-get -y remove --purge

# Bersihkan semua file yang ada di tong sampah
rm -rf /home/*/.local/share/Trash/*/**
rm -rf /root/.local/share/Trash/*/*

# Hapus semua log yang sudah lama dan sudah di archive
find /var/log -type f -regex ".*\.gz$" | xargs rm -Rf
find /var/log -type f -regex ".*\.[0-9]$" | xargs rm -Rf
 
 echo
 echo "Proses bersih-bersih sudah selesai!"
 echo "Coba cek lagi deh hardisk kamu!"
 echo "by belajarlinux.org"

Cara Bersihkan Hardisk Pakai Script

Buat file di komputer kamu dengan nama menggunakan perintah touch berlajarlinux-diskclean.sh

Setelah itu isi file tersebut dengan script yang ada di atas. Caranya nano belajarlinux-diskclean.sh setelah itu paste script ke sini lalu simpan menggunakan Ctrl+w lalu tekan y.

Ubah file belajarlinux-diskclean.sh menjadi executable dengan cara jalankan perintah sudo chmod +x belajarlinux-diskclean.sh

Sekarang script bersih-bersih hardisk di linux sudah jadi setelah ini kamu hanya perlu jalankan perintah di bawah ini untuk membersihkan hardisk.

./belajarlinux-diskclean.sh 

Penutup

Saran! Kalau kamu ada kesulitan untuk menjalankan script di atas mungkin kamu perlu baca cara membuat script di linux

Kamu boleh copy paste script di atas tetapi tolong copyright belajarlinux jangan di hapus ya dengan begitu kamu sudah menghargai saya.

Kamu bisa jalankan script membersihkan hardisk yang sudah saya buat menggunakan cron jadi komputer kamu akan langsung membersihkan sesuai jadwal tanpa harus kamu suruh-suruh. (Capek hehehe)

Kalau ada pertanyaan, saran atau yang lain perintah cara membersihkan hardisk di linux kamu bisa kasih komentar mu di bawah ini.

 

Bab Selanjutnya

 

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.