Mengedit text file dan Mencari Mem filter Informasi Output Command

Saat kamu menggunakan perintah linux maka semua otuput akan berupa text,terkadang kamu perlu mensortir agar informasi yang muncul hanya yang kamu perlukan saja.

Disinilah perlunya kamu belajar cara mengolah informasi yang berbasis text ini untuk memudahkan mu saat menggunakan linux melalui command line interface/terminal.

Aplikasi Console /perintah linux untuk Membaca dan mengedit file text (text editor)

Linux telah dilengkapi aplikasi console untuk mengedit file text (text editor) seperti vi dan nano, jika kamu ingin sekedar melihat isi file kamu bisa menggunakan perintah cat.

Baik vi nano ataupun cat cara menggunakan nya sama yaitu $ vi atau nano atau cat nama_file

Mencari dan Mensortir data Menggunakan Perintah grep

Saat kamu menggunakan command line interface(CLI)/console  maka semua outputnya berupa text,untuk mendapatkan output informasi yang hanya kamu butuhkan maka perlu memfilter output perintah yang telah kamu ketikan.

karena keperluan tersebut maka di linux ada aplikasi console/perintah yang bisa digunakan untuk memproses output text agar hasil output sesuai yang kamu inginkan.

Penggunaan nya bisa digabung dengan perintah lain yang menghasilkan output text atau bisa digunakan untuk mencari file yang mengandung informasi yang telah kamu tentukan pada parameter perintah grep.

Perintah grep bisa kamu gunakan langsung pada file untuk membaca dan mencari informasi yang kamu inginkan atau bisa kamu gunakan untuk memfilter output dari command yang menghasilkan output text.

Secara default perintah grep membaca kata_kunci pencarian yang kamu masukan secara case sensitif agar tidak case sensitif tambahkan opsi -i menjadi grep -i dan agar grep membaca directory secara recursive (membaca sub dir) tambahkan opsi -r menjadi grep -i -r

Mencari File menggunakan perintah grep

Kamu bisa menggunakan perintah grep untuk mencari file yang mengandung ‘kata’ yang telah kamu tentukan, misalnya saya ingin mencari file yang mengandung 192.168.41.12 di lokasi /etc maka saya menggunakan perintah $ sudo grep -i -r"192.168.41.12" /etc/
mencari file yang mengandung text tertentu dengan perintah grep

Mensortir output text agar hanya menampilkan kolom yang mengandung kata kunci

Jika kamu berhadapan dengan file text yang isinya lumayan banyak dan perlu waktu jika membaca secara manual untuk mencari informasi yang kamu butuhkan,maka kamu bisa menggunakan perintah grep untuk mensortir output text sesuai dengan yang kamu inginkan.

gunakan perintah $grep -i "kata_kunci" namafile jika kamu ingin mencari dan menampilkan kolom yang mengandung “kata_kunci” (abckata_kunci,kata_kuncidef dan abckata_kuncidef akan ditampilkan),namun jika kamu hanya ingin menampilkan kolom yang hanya mengandung kata_kunci maka gunakan opsi/parameter -w menjadi $ grep -i -w "kata_kunci" namafile

jika kamu ingin memasukan 2 kata kunci maka gunakan perintah $ egrep -w 'kata_kunci1|kata_kunci2' namafile

menampilkan kolom file text yang mengandung kata tertentu dengan perintah grep

Menggunakan grep untuk mensortir output command/perintah linux

Perintah grep bisa kamu gunakan untuk mensortir output dari perintah yang kamu ketikan agar output sesuai dengan yang kamu butuhkan saja.Ingat apapun perintah yang menghasilkan output text di terminal bisa kamu sortir menggunakan grep.

Contoh saya ingin menampilkan dan melihat daemon message untuk bbswitch maka saya menggunakan perintah $ dmesg |grep -i "bbswitch"

menampilkan informasi yang diperlukan dari dari command menggunakan egrep sebagai filter

KESIMPULAN

Perintah grep bisa kamu gunakan untuk mensortir output informasi yang keluar saat kamu menggunakan command tertentu dan bisa juga digunakan langsung untuk membaca file text dan menampilkan informasi yang mengandung pola yang telah kamu tentukan.

Untuk melihat opsi yang tersedia dan dokumentasi perintah grep kamu bisa menggunakan perintah $ grep --help atau $ man grep,kamu bisa menggunakan perintah grep dengan format seperti dibawah ini.

$ grep 'kata_kunci' nama_file , $ grep 'kata_kunci'nama_file1 nama_file2 nama_file3 , $ grep 'kata_kunci1kata_kunci2' nama_file , $ cat nama_file | grep 'kata_kunci'$ command | grep 'kata_kunci'$ command option1 | grep 'kata_kunci'$ grep --color 'kata_kunci' nama_file

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.