Cara Menghubungkan VPS dan Hosting dengan Domain

Memahami Name Server Yang Kamu Gunakan

Sebelum kamu memulai langkah menghubungkan VPS dan hosting mu dengan domain yang telah kamu miliki,alangkah baiknya kamu memahami beberapa hal berikut ini agar kamu mengerti alur dan logic sepenuhnya apa yang akan kamu lakukan nanti.

Domain dan Hosting Bisa Diorder di beda tempat

Domain dan hosting bukanlah satu kesatuan,dimana kamu bisa membeli di provider yang berbeda jadi seting yang akan kamu lakukan nanti bisa berbeda dengan tutorial yang akan saya tulis,jadi gunakan tutorial ini sebagai referensi saja.

Domain- Domain ibarat kamu mendaftarkan sebuah nama dan alamat agar bisa dipakai oleh semua orang untuk menunjukan jalan ke rumah mu (hosting),didalam nama domain menunjuk ke alamat rumah (hosting) alamat di dunia komputer berupa IP address yang merupakan IP dari server VPS atau hosting.

Untuk mendapatkan domain(seperti belajarlinux.org) kamu bisa bebas membeli dimanapun dan tidak harus satu tempat dengan tempat membeli hosting.

Hosting- Hosting disini diibaratkan sebuah rumah,agar rumahmu mudah ditemukan oleh orang maka kamu perlu alamat,alamat rumah (hosting) ini berupa IP address yang kamu dapat saat membeli VPS dan hosting.Karena orang susah mengingat angka (IP berupa angka) maka kamu perlu domain agar nama website mu lebih manusiawi dan mudah diingat.

Sampai disini  saya harap kamu paham bahwa Domain (berupa tulisan yang bisa dibaca manusia ex: belajarlinux.org) mengarah ke server hosting yang mempunyai alamat IP (berupa deretan angka ex: 20.30.40.50 ) serta domain bisa diorder di perusahaan terpisah dengan hosting.

Domain Control Panel

Jika kamu membeli domain maka kamu bisa mengelola domain mu menggunakan domain control panel yang disediakan oleh pihak provider,dari sini kamu bisa merubah name server,mengubah DNS record,Forward domain,membuat sub domain,atau mendapatkan kode untuk migrasi domain ke provider lain.

Bisa menggunakan nameserver lain- Secara default kamu akan menggunakan nameserver dari provider tempat kamu mengorder/beli domain,tapi kamu juga bisa mengganti name server ini ke server lain,misalnya saat kamu ingin menggunakan cloudflare CDN kamu bisa mengubah nameserver default ke neme server cloudflare.

name server cloudflare

DNS record ada di Nameserver- Tapi perlu diingat jika kamu menggunakan nameserver lain seperti cloudflare, maka untuk mengatur DNS record atau pembuatan sub domain kamu harus memodifikasinya di provider nameserver yang kamu gunakan (misal cloudflare),bukan di domain control panel tempat kamu membeli domain tersebut.
Logikanya sederhana "DNS record ada di name server,maka setting nya ada di nameserver yang kamu gunakan,begitu ganti nemeserver ya kamu ngikut setingan nameserver yang kamu gunakan (bukan default)"

rocket

DNS RECORD digunakan untuk pointing/mengarahkan domain agar resolve ke IP server  hosting yang kita inginkan, kamu akan menggunakan cara ini untuk menghubungkan server VPS atau hosting mu dengan domain yang telah kamu miliki.

Dari contoh diatas terlihat saya membeli domain belajarlinux.org di provider niagahoster tapi saya tidak menggunakan default nameserver yang diberikan oleh niaga hoster,tapi menggunakan nameserver cloudflare,jadi untuk mengarahkan domain belajarlinux.org ke server hosting saya harus menambahkan record ke DNS dengan tipe A menggunakan menu Cloudflare DNS Manage di website cloudflare(bukan niaga hoster).

Ingat DNS record ngikut di nameserver yang kamu gunakan.!!


Menghubungkan VPS & Hosting ke Domain dengan A Record

Setelah kamu tau fundamental bagaimana domain menunjuk ke IP server melalui DNS record maka kamu sudah paham bagaimana caranya untuk menghubungkan VPS dan hosting server dengan domain yang telah kamu miliki.

  1. Ketahui IP VPS & hosting mu dari VPS atau hosting control panel misal: 10.20.30.40
  2. Buka menu DNS record di Nameserver yang kamu pakai (lokasi bisa tergantung dari nameserver yang kamu pakai,baca dulu diatas jika belum mengerti)
  3. Tambahkan record dengan jenis A pada DNS record yang mengarah ke IP VPS mu misal :10.20.30.40
  4. Tunggulah beberapa saat hingga recordmu berhasil disebarkan ke seluruh jaringan internet,sehingga domain mu mengarah ke IP VPS yang kamu maksud. 

KESIMPULAN

Menghubungkan VPS atau hosting jenis apapun ke domain yang telah kamu miliki sangatlah mudah asal kamu sudah tau IP servermu dan tau nameserver yang kamu gunakan.

Kebanyakan orang akan bingung akan nameserver dan tempat untuk menambahkan DNS record di nameserver yang digunakan,dengna membaca panduan ini maka kamu akan paham 100% fundamental bagaimana domain dan nameserver bekerja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.